HOME / SEHAT / Cara menjaga keindahan ,kekencangan, kesehatan payudara

Cara menjaga keindahan ,kekencangan, kesehatan payudara


#TahunBaru2017

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh terpenting dalam tubuh wanita. Mungkin bagi setiap wanita mempunyai sepasang payudara yang indah, padat berisi, kencang dan sehat adalah sebuah dambaan tersendiri.

Terlebih lagi bagi seorang yang sedang atau sudah pernah menyusui, pasti payudaranya akan kendur, layu dan mengalami sedikit keriput. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya suatu penyusutan yang dialami oleh kelenjar susu serta jaringan ikat pada penyangga susu.

Dampak lain yang timbul jika anda tidak merawat kesehatan payudara anda adalah kemungkinan terkena kanker payudara. Maka dari itu menjaga kekencangan dan kesehatan payudara itu penting.

payudara indah wanita

Berikut adalah tips untuk merawat payudara anda agar tetap sehat.

1. Biasakan Makan Sehat
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Buah dan sayur berwarna kuning atau oranye kaya akan beta-karoten, antioksidan yang diyakini bisa menurunkan risiko kanker payudara. Beberapa makanan lain seperti flax seed, walnut, cranberry dan makanan mengandung asam lemak omega-3 juga terbukti efektif. Konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium untuk mencegah pembengkakan pada payudara saat PMS.

2. Gunakan Ukuran Bra yang Sesuai
Sebanyak 70 persen wanita diketahui memakai ukuran bra yang salah. Tidak hanya memicu masalah pada kesehatan seperti postur yang kurang sempurna, iritasi kulit dan kesulitan bernapas. Memakai bra yang salah juga bisa merusak ikatan sendi pada payudara, membuat payudara terasa sakit dan kendur. Perlu diketahui, ukuran payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia. Beberapa faktor yang memengaruhi diantaranya perubahan berat badan, kehamilan atau menopause. Pastikan Anda memakai ukuran bra yang tepat sehingga bisa menopang payudara dengan maksimal.

3. Rutin Olahraga
Olahraga atau beraktivitas fisik selama empat jam atau lebih dalam seminggu bisa mencegah payudara mengendur dan memperindah tampilan payudara Anda. Lakukan latihan yang fokus pada otot dada seperti push-up dan angkat beban agar payudara kencang, terangkat dan bentuknya lebih bagus.

4. Perbaiki Postur Tubuh
Jika ingin payudara tampak terangkat, perbaiki postur tubuh Anda. Baik pada saat berdiri, berjalan maupun duduk. Otot dada akan kehilangan fleksibilitasnya apabila bahu Anda membungkuk, sehingga payudara terlihat kedur. Cobalah beberapa latihan untuk membuat postur tubuh lebih tegak dan sempurna seperti yoga, Pilates atau Tai Chi.

5. Stop Merokok
Merokok adalah sumber datangnya berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. Studi yang dilakukan di California Department of Health Services menemukan bahwa wanita yang merokok berisiko 30 persen lebih tinggi terkena kanker payudara ketimbang yang tidak. Dalam penelitian lainnya, dikemukakan juga bahwa efek negatif merokok bersifat kumulatif. Semakin lama merokok, akan makin banyak penyakit kronis yang menempel di tubuh Anda.

6. Sadari (periksa payudara sendiri) Secara Rutin
Menurut survei yang dilakukan Breakthrough Breast Cancer, hanya 35 persen wanita yang rutin memeriksa payudaranya sendiri untuk mengetahui adanya tanda-tanda kanker. Kanker payudara adalah penyebab kematian nomor satu pada wanita dan jika lebih awal terdiagnosa, harapan hidup akan lebih besar. Idealnya, pengecekan payudara dilakukan sebulan sekali untuk melihat adanya perubahan pada ukuran, bentuk dan tekstur kulit. Jika tidak yakin bagaimana cara sadari yang benar, konsultasikan dengan dokter.

7. Kenakan Sports Bra
Saat olahraga atau fitnes, payudara akan berguncang mengikuti gerakan tubuh. Beraktivitas fisik tanpa menggunakan pakaian dalam yang tepat akan membuat payudara terasa sakit dan tidak nyaman, khususnya yang memiliki ukuran payudara besar. Guncangan juga bisa merusak jaringan pengikat sendi di payudara rusak sehingga membuat bentuknya seperti menggelayut dan kendur. Maka dari itu, selalu gunakan sports bra setiap kali berolahraga untuk meminimalisir pergerakan pada payudara.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » » » »