HOME / SEHAT / Tips Sembuhkan Bibir Kering dan Pecah Pecah

Tips Sembuhkan Bibir Kering dan Pecah Pecah


#TahunBaru2017

Infolengkap.net – Bibir kering dan pecah-pecah memang sering kita alami. Biasanya terjadi saat sedang puasa atau karena terlalu sering berada di ruangan ber-ac.

mengatasi bibir kering

Bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi menandakan tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Jika ini yang terjadi, maka untuk mengatasinya anda harus mengganti cairan tubuh yang hilang dengan asupan air minum yang mengandung elektrolit. atau bisa juga menggunakan air kelapa karena kandungan elektroitnya serupa dengan yang dibutuhkan tubuh.

Sebelum mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ada baiknya kita mengetahui dahulu apa yang jadi penyebabnya, Ternyata bukan hanya udara dingin, tapi beberapa kebiasaan di bawah ini juga bisa mempengaruhinya.

  • Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur.
  • Sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan asin.
  • Kurang asupan buah dan sayuran
  • Kurang minum air.
  • Kebiasaan merokok, minum kopi dan alcohol.
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak detergen.

Selain itu, polusi udara dan debu, perubahan suhu yang membuat bibir tidak dapat beradaptasi, serta alergi pada kosmetik juga dapat menyebabkan bibirmu kering serta pecah-pecah. Yuk, atasi masalah ini dengan cara:

1. Hindari menjilat bibir
Jika kamu merasa bibirmu kering, jangan basahi dengan air liur, karena akan cepat menguap dan membuat bibirmu bertambah kering. Lebih baik gunakan lip balm pahit yang tidak beraroma, untuk menghindari keinginanmu menjilat bibir yang disebabkan oleh aroma lip balm yang enak.

2. Bersihkan bibir sebelum tidur
– Ambil handuk dan rendam dalam air hangat.
– Gosokkan perlahan pada bibir untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan bibir pecah-pecah.
– Setelah halus, gunakan pelembap bibir yang berguna untuk menutrisi bibir saat tidur.

3. Minum Cukup Air Putih
Usahakan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari agar bibirmu tetap lembap.

4. Hindari rokok dan alkohol
Selain memiliki pengaruh yang sangat buruk bagi tubuh kita, rokok dan alkohol juga dapat menyebabkan kulit kita terlihat kusam dan bibir pun akan menjadi kering, pecah-pecah serta menghitam

5. Banyak Makan Buah Segar
Makan buah terutama yang mengandung banyak air juga membantu tubuh lebih fresh dari dalam. Banyaknya vitamin di dalam buah segar akan memberi nutrisi pada tubuh.

6. Pakai Lip Balm
Lip balm adalah salah satu cara untuk menjaga kelembaban bibir. Pakailah saat bibir mulai terasa kering. Ini lebih baik dibanding menarik-narik bibir yang kering hingga berdarah. Bawa selalu lip balm di tas Anda agar bibir tetap lembab sepanjang hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » »