HOME / UMUM / NEW!! Contoh Esai Tentang Lingkungan, Budaya, Pendidikan

NEW!! Contoh Esai Tentang Lingkungan, Budaya, Pendidikan


#TahunBaru2017

Contoh esai tentang lingkungan, tentang budaya, tentang pendidikan dan masih banyak lagi – Menulis sebuah esai diperlukan keterampilan, apalagi anda yang sering menulis esai pasti bisa dengan mudah menulis esai yang berkualitas dan bermutu.

Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esais. Selanjutnya, esai sendiri ialah ekspresi dan opini seseorang tentang suatu hal oleh karena itu esai berbeda dengan artikel ilmiah atau opini yang bersifat laporan factual.

Dalam penulisannya gabungan antara fakta berbaur imajinasi, pengetahuan serta perasaan yang membuat esai memiliki ciri khas berbeda dengan tulisan lainnya. Suatu esai harusnya memiliki kemampuan untuk menghantarkan pembacanya untuk dapat memahami persoalan secara praktis namun tetap berbobot.

Bagaimana tertarik bukan untuk membuat sebuah kerya tulis essay, bisanya essay juga sering menjadi kategori perlombaan dibidang sastra baik untuk umum ataupun dalam ranah kampus. Selanjutnya sedikit infolengkap.net memaparkan beberapa tipe, bagian, serta ciri yang terdapat pada penulisan esai di bawah ini.

TIPE TIPE ESAI
Berikut dalam penulisan esai, ada enam tipe esai yaitu:

Esai Deskriptif : Esai jenis ini dapat meluliskan subjek atau objek apa saja yang dapat menarik perhatian pengarang. Ia bisa mendeskripsikan sebuah rumah, sepatu, tempat rekreasi dan sebagainya.

Esai Tajuk : Esai jenis ini dapat dilihat dalam surat kabar dan majalah. Esai ini mempunyai satu fungsi khusus, yaitu menggambarkan pandangan dan sikap surat kabar/majalah tersebut terhadap satu topik dan isyu dalam masyarakat. Dengan Esai tajuk, surat kabar tersebut membentuk opini pembaca. Tajuk surat kabar tidak perlu disertai dengan nama penulis.

Esai Cukilan Watak : Esai ini memperbolehkan seorang penulis membeberkan beberapa segi dari kehidupan individual seseorang kepada para pembaca. Lewat cukilan watak itu pembaca dapat mengetahui sikap penulis terhadap tipe pribadi yang dibeberkan. Disini penulis tidak menuliskan biografi. Ia hanya memilih bagian-bagian yang utama dari kehidupan dan watak pribadi tersebut.

Esai Pribadi : Hampir sama dengan esai cukilan watak. Akan tetapi esai pribadi ditulis sendiri oleh pribadi tersebut tentang dirinya sendiri. Penulis akan menyatakan?? Saya adalah saya. Saya akan menceritakan kepada saudara hidup saya dan pandangan saya tentang hidup?. Ia membuka tabir tentang dirinya sendiri.

Esai Reflektif : Esai reflektif ditulis secara formal dengan nada serius. Penulis mengungkapkan dengan dalam, sungguh-sungguh, dan hati-hati beberapa topik yang penting berhubungan dengan hidup, misalnya kematian, politik, pendidikan, dan hakikat manusiawi. Esai ini ditujukan kepada para cendekiawan.

Esai Kritik : Dalam esai kritik penulis memusatkan diri pada uraian tentang seni, misalnya, lukisan, tarian, pahat, patung, teater, kesusasteraan. Esai kritik bisa ditulis tentang seni tradisional, pekerjaan seorang seniman pada masa lampau, tentang seni kontemporer. Esai ini membangkitkan kesadaran pembaca tentang pikiran dan perasaan penulis tentang karya seni. Kritik yang menyangkut karya sastra disebut kritik sastra.

BAGIAN BAGIAN ESAI
Sebuah esai dasar bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Pertama, pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.

Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek.

Ketiga, adalah bagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh si penulis.
Dalam menulis essay anda tentu harus memperhatikan, pembuaka, isi, penutup sampai kesimpulan dari esai itu sendiri.

CIRI CIRI PADA ESAI

1. Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa, menghindarkan penggunaan bahasa dan ungkapan figuratif.
2. Singkat, maksudnya dapat dibaca dengan santai dalam waktu dua jam.
3. Memiliki gaya pembeda. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya yang khas, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain.
4. Selalu tidak utuh, artinya penulis memilih segi-segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis. Penulis memilih aspek tertentu saja untuk disampaikan kepada para pembaca.
5. Memenuhi keutuhan penulisan. Walaupun esai adalah tulisan yang tidak utuh, namun harus memiliki kesatuan, dan memenuhi syarat-syarat penulisan, mulai dari pendahuluan, pengembangan sampai ke pengakhiran. Di dalamnya terdapat koherensi dan kesimpulan yang logis. Penulis harus mengemukakan argumennya dan tidak membiarkan pembaca tergantung di awang-awang.
6. Mempunyai nada pribadi atau bersifat personal, yang membedakan esai dengan jenis karya sastra yang lain adalah ciri personal. Ciri personal dalam penulisan esai adalah pengungkapan penulis sendiri tentang kediriannya, pandangannya, sikapnya, pikirannya, dan dugaannya kepada pembaca.

Berikut infolengkap.net berikan contoh essay tentang lingkungan, tentang budaya, tentang pendidikan yang benar.

contoh esai bahasa indonesia

Contoh Karangan Esai Tentang Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup dan Kemajuan Ekonomi

Lingkungan hidup yang sehat tentu memberikan dampak yang banyak terutama bagi kesehatan kita dan keluarga. Alam dan lingkungan dewasa ini perlu kita gunakan semaskimal mungkin untuk kesejahtaraan kita bersama. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan lingkungan untuk menunjang prekonomian kita. Infolengkap.net Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang hubungan antara pemanfaatan alam untuk kepentingan ekonomi serta kerusakan alam yang ditimbulkan.

Tuhan menciptakan manusia dan alam untuk hidup berdampingan. Manusia dan alam harus menyatu, tanpa alam yang sehat maka manusia tidak bisa hidup dengan baik. Diciptakannya alam semata-mata untuk dimanfaatkan sebanyak banyaknya bagi kemakmuran kita bersama, tentunya kita bisa menggunakan semua sumber daya alam untuk kepentingan ekonomi kita.

Namun demikian exploiatsi alam yang berlebihan memberikan dampak negative terhadap alam itu sendiri. Seperti hutan gundul, tanah longsor, banjir di mana mana ini merupakan dampak negative dari exploiatsi alam yang terlalu berlebihan, bahkan kerusakan lingkungan seperti ini bisa menimbulkan korban jiwa. Pada dasarnya memang benar kita bisa menggunakan alam untuk kita ambil manfaatnya. Tapi kita juga harus memperhatikan dampak serta kesehatan lingkungan. Bila lingkungan rusak bagaimana dangan anak cucu kita nanti.

Akhirnya dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan alam yang baik dan benar harus dilakukan. Pemanfaatan alam harus di barenagi dengan konservasi alam yang memadai.

Sesuai janji infolengkap.net telah update contoh esai tentang pendidikan, contoh esai tentang budaya, contoh esai tentang lingkungan, untuk contoh esai lainnya silahkan download contoh esai disini:

CATATAN!!
1. Agar pemahaman mengenai penulisan essai lebih bagus, silahkan anda simak lebih lanjut lagi atau bisa mendownload beberapa contoh essay yang sudah infolengkap.net sediakan.
2. Link akan mengarah kepada postingan selanjutnya, di sana akan disuguhkan file contoh essay dengan format pdf yang bakal menambah pengetahuan anda lagi.

makalah bios
FILE ESSAY TENTANG PENDIDIKAN

Download Now !

FORMAT PDF

makalah bios

FILE ESSAY TENTANG LINGKUNGAN

Download Now !

FORMAT PDF

makalah bios

FILE ESSAY TENTANG BUDAYA

Download Now !

FORMAT PDF

#POPULER DOWNLOAD ESAI DOWNLOAD CONTOH ESAI + CARA MENULIS ESAI

Demikianlah contoh esai yang persembahan infolengkap.net, Bila ada selama ini merasa menemui kekurangan dalam penulisan esai, silahkan diperbaiki dalam penulisan esai selanjutnya supaya lebih baik. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » »

Incoming search terms: