HOME / SEHAT / Menstruasi Tidak Teratur? Apakah Berbahaya!

Menstruasi Tidak Teratur? Apakah Berbahaya!


#TahunBaru2017

Menstruasi atau Haid Anda tidak teratur? , perlu untuk Anda ketahui. Menstruasi merupakan satu siklus yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya menstruasi, baik itu yang memasuki masa remaja atau pubertas.

Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. Tapi terkadang tidak semua wanita yanng memiliki menstruasi yang sama, kadang siklus terjadi sekitar 21 hari dan 30 hari. Tapi sikluspun bisa terjadi berubah-ubah dari bulan ke bulan atau bisa tetap.

menstruasi tidak teratur
Penyebab mens yang tidak teratur bisa dikarenakan masalah hormon, kelelahan, stres, hingga adanya penyakit tertentu. Nah jika Anda ingin tau mengapa menstruasi kadang tidak lancar atau tak teratur setiap bulannya, ini dia penyebab seperti yang dikutip dari health.kompas.com, antara lain:

1. Memahami menstruasi yang tidak teratur
Siklus menstruasi biasanya terjadi secara teratur. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 sampai 7 hari dengan interval antara 2 siklus (waktu antara periode pertama dan periode berikutnya) sekitar 28 hari. Hilangnya darah rata-rata adalah sekitar 60-100ml. Jadi, jika terjadi penyimpangan dari hal di atas bisa dianggap menstruasi Anda abnormal.

2. Kehamilan
Alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). Sementara jika perdarahan melampaui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).

Siklus yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan. Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstrusi Anda terhambat. Hal ini normal dan tidak menjadi masalah.

3. Periode perimenopause
Siklus yang tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause. Beberapa perubahan dalam siklus ini biasanya dapat diterima dan tidak memerlukan pengobatan, sementara perdarahan yang berat memerlukan evaluasi lebih lanjut. Pendarahan setelah mencapai menopause adalah suatu yang tidak normal dan harus diselidiki.

4. Kontrasepsi
Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur. Penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit atau bahkan mengakibatkan perdarahan berat. Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan haid tidak teratur.

5. Berat badan
Naiknya berat badan yang signifikan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat menunjukkan adanya gangguan tiroid. Gangguan tiroid sangat umum terjadi pada wanita dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, siklus tidak teratur, lesu dan lain-lain. Berat badan yang berlebihan juga dapat menandakan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang merupakan masalah hormonal dan mungkin memerlukan pengobatan.

Selain itu, banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

1. Stress dan Depresi
2. Nutrisi yang kurang
3. Penurunan berat badan berlebihan
4. Olahraga berlebihan
5. Obesitas
6. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
7. Gangguan indung telur
8. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
9. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
10. Hamil

Bagaimana dengan aktivitas Anda akhir-akhir ini?
Adakah kegiatan fisik yang terlalu berat?
Apakah sebelumnya siklus menstruasi Anda teratur?

Menstruasi yang tidak teratur memang mempengaruhi pengeluaran sel telur. Siklus menstruasi yang tidak teratur memang menyebabkan pengeluaran sel telur yang tidak teratur juga.

Jika tidak ada gangguan nutrisi dan dalam aktivitas Anda, maka Anda sebaiknya dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan horrmon, semoga membantu yah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » »