HOME / TIPS / Beternak Kelinci – Perawatan, Makanan, Obat, Kandang

Beternak Kelinci – Perawatan, Makanan, Obat, Kandang


#TahunBaru2017

Beternak Kelinci – Perawatan, Makanan, Obat, Kandang – Kelinci ialah salah satu mamalia yang bisa digolongkan hewan ternak, selain memang memiliki nilai ekonomis. Peluang usaha ternak kelinci ini cukup besar sama halnya dengan ternak ikan cupang. Sebenarnya merawat kelinci tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan ada beberapa peternak mengeluhkan pertambahan populasi yang terlalu cepat pada usaha ternak kelinci yang mereka tekuni. Hewan yang satu ini memang sangat mudah berkembang biak, asal saja kita melakukan perawatan yang baik dan benar.
cara beternak kelinci, cara merawat kelinci hamil, cara memandikan kelinci, obat kelinci sakit, ukuran kandang kelinci, kelinci anggora, cara merawat kelinci yang masih kecil, beternak kelinci, cara beternak kelinci, cara memelihara kelinci, cara merawat kelinci, gambar kelinci, kelinci, makanan kelinci, membuat kandang kelinci
Berikut ini infolengkap.net sajikan hal hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya kelinci:

1. Penyediaan Kandang

Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebaiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter. Namun jika kita langsung membeli indukan, maka cukup dibangun kandang baterai saja. Ukuran box baterai kandang kelinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi) ini bisa memuat 5 ekor. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang.

2. Penyiapan Makanan

Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela).

3. Penunjang Lainnya

Sebaiknya dalam kandang diberi penerangan lampu listrik. hal ini selain untuk menjaga kehangatan suhu kandang, juga untuk mencegah dari bahaya pemangsa seperti tikus dan kucing.

3. Penyiapan Obat

penyakit/wabah pada kelinci bisa datang sewaktu-waktu, oleh karena itu Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik. jangan sampai terlambat dalam mengobati, jika sudah ada salah satu saja yang terkena penyakit segera obati dan sisihkan dulu dari yang lain. sebab penyakit pada kelinci cepat menular pada semua kelinci yang sekandang

4. Pengontrolan Rutin

Kontrol untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan. Sedangakan untuk anakan sebaiknya dikontrol sesering mungkin. hal ini agar pertumbuhan anakan bisa terpantau dan bisa tumbuh dengan optimal.

Infolengkap.net – Jenis Anggora – Dalam merawat kelinci termasuk jenis anggora perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

– Umur kelinci, cara merawat kelinci yang masih kecil (anak) sudah pasti berbeda dengan kelinci dewasa. Perawatan anak kelinci jauh lebih sulit bila dibandingkan dengan perawatan pada kelinci dewasa bahkan indukan sekalipun.

– Jenis kelinci, setiap kelinci memiliki karakteristik sendiri, yang berasal dari eropa (daerah dingin) biasanya memiliki bulu yang panjang. Dan kelinci asia biasanya memiliki bulu yang pendek. Karakteristik ini menyebabkan perbedaan pada teknik perawatan terutama dalam hal menjaga kebersihan bulu.

– Kelinci Hamil, pada kondisi ini mereka membutuhkan asupan mineral 2 kali lebih banyak dari biasanya.

– Kondisi kesehatan, cara merawat kelinci yang lagi sakit berbeda dengan yang sehat. Pada konsisi sakit maka peternak harus mengetahui secara pasti penyakit yang diderita tersebut. Caranya dengan membawa ke dokter hewan atau petugas kesehatan hewan di daerahnya. Pada saat sakit tentu saja banyak hal yang harus dihindari, seperti; memandikan kelinci, memberi pakan jenis tertentu (tergantung pada penyakitnya).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


TIPS » » » » »

Incoming search terms: