HOME / NEWS, TECHNO / fakta dan sejarah unik android

fakta dan sejarah unik android


#TahunBaru2017

www.infolengkap.net – fakta android – sejarah android – Siapa yang tidak mengenal dengan Android? Operasi sistem terbuka ini sudah tersemat pada jutaan gadget diseluruh dunia. Jika kita lebih teliti, ada keunikan dari pemberian nama pada versi Android. Yup, benar sekali, pemberian namanya sesuai alphabet. Kategori pemberian namanya pun juga unik, yaitu nama-nama penutup hidangan. Apa sajakah itu?

keunikan android, sejarah android, fakta unik android, android, android lollipop, nama-nama android

(A – Android 1.0) Apple Pie
(B – Android 1.1) Banana Bread
(C – Android 1.5) Cupcake
(D – Android 1.6) Donut
(E – Android 2.0/2.1) Eclair
(F – Android 2.2) Froyo / Frozen Yogurt
(G – Android 2.3) Gingerbread
(H – Android 3.0) Honeycomb
(I – Android 4.0) Ice Cream Sandwich
(J – Android 4.1) Jelly Bean
(K – Android 4.4) KitKat
(L – Android 5.0) Lollipop Apple Pie

Pertama kali dirilis pada 23 September 2008 dengan fitur yang masih sangat sederhana.
Smartphone yang menerapkan versi ini pertama kali adalah HTC Dream atau orang Amerika mengenalnya dengan nama T-Mobile G1 pada Oktober 2008 Banana Bread Versi ini mendapat pembaharuan dan diperkenalkan ke publik pada 9 Februari 2009.

Terjadi beberapa kemajuan serta pembaharuan dari versi sebelumnya,
seperti kemampuan menyembunyikan dan menampilkan tombol panggilan serta menyimpan lampiran pesan dan lain-lain.
Cupcake Baru pada versi inilah Android berani memamerkan kemampuannya. Secara resmi, versi ini adalah versi pertama yang menggunakan nama kode berdasarkan nama makanan penutup hidangan atau pencuci mulut. Pada versi ini aplikasi pihak ketiga sudah mulai merambah, seperti aplikasi ketik virtual dengan fitur prediksi teks serta penambahan fitur lainnya.

Donut Baru pada 15 September 2009 versi terbaru muncul dengan nama “Donut”.
Pada versi ini terjadi perbaikan pada bug OS yang sering melakukan reboot sendiri saat membuka foto dan video dari kamera.

Pada versi ini juga menambahkan fitur untuk ukuran layar besar dan fitur navigasi turn by turn.
Eclair Bagi yang belum tahu, Eclair adalah hidangan penutup yang bentuknya persegi panjang dengan krim ditengahnya dan diatasnya terdapat lapisan cokelat. Versi ini diperkenalkan pada Oktober 2009 yang mana hanya selisih 1 bulan dengan versi sebelumnya.

fakta android – Fitur yang paling kentara pada versi ini adalah keberadaan bluetooth 2.1 sebagai media bertukar data serta fitur baru pada kamera, seperti digital zoom, ive wallpaper, multi-touch serta beberapa fitur lainnya. Froyo / Frozen Yogurt Mungkin masih asing ditelinga kita tentang hidangan ini. Berbahan Yogurt yang telah melalui proses pendinginan dan bentuknya hampir mirip dengan ice cream. Dikenalkan ke publik pada bulan Mei 2010 yang mana terdapat peningkatan kecepatan serta penambahan kemampuan Javascript pada browser Google Chrome. Gingerbread Kue Jahe khas Amerika ini bentuknya mirip manusia, sering diadaptasi pada animas-animasi besutan Hollywood.

Terlepas dari namanya, versi ini melakukan penambahan fitur untuk SIP internet calling, penambahan kamera sebagai video call, kemampuan nirkabel NFC, sendor giroskop dan sensor lainnya. Tidak lupa fitur download manager dan beberapa fitur lainnya.

Honeycomb Sereal jagus manis khas madu ini diperuntukkan khusus untuk tablet. Diluncurkan pada Februari 2011. Banyak penambahan serta peningkatan fitur yang terjadi, tetapi fitur ini hanya berlaku pada tablet, seperti holografis, redesain papan virtual ketik untuk memudahkan tablet user dalam proses pengetikan dan beberapa kemampuan lain.

Ice Cream Sandwich Bisa dibilang ini adalah versi kombinasi antara Honeycomb dengan versi sebelum-sebelumnya, dimana diperuntukkan pada smartphone, phablet dan tablet. Dengan keberadaan versi ini, para developer tidak dibuat bingung dengan segment gadget tertentu.

Dari namanya kita bisa membayangkan bentuk hidangan ini, yaitu ice cream dalam lapisan cookies coklat yang biasanya berbentuk persegi panjang. Jelly Bean Dikenalkan pada 27 Juni 2012 pada konferensi Google I/O. Perkembangan banyak terjadi pada versi ini yang membuatnya menjadi versi android yang tercepat dan terhalus yang pernah ada.

Pengalaman berbeda bisa kita dapati dari interfacenya serta pengenalan Google Search dengan kemampuan baru. KitKat Sebelum dirilis resmi, para pengamat gadget memprediksi bahwa untuk versi lanjutan dari Jelly Bean akan diberi nama “Key Lime Pie”, tapi ternyata rumor tersebut salah kaprah. Penamaan untuk versi ini cukup mencengangkan karena mengambil nama produk coklat yang memang sudah terkenal sebelumnya. Adalah KitKat dengan berbagai perubahan dan penambahan fitur sebagai penyempurna. Keunggulan dan kelebihan KitKat dari versi sebelumnya cukup signifikan.

Dan yang cukup unik adalah penambahan fitur inframerah yang dulu pernah tenar dijamannya. Pemanfaatan teknologi yang seperti apakah yang membuat infrared dihidupkan kembali? Kita tunggu saja gebrakan teknologi dari robot hijau ini, Lollipop Android versi permen ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


NEWS » TECHNO » »