HOME / UMUM / kerajinan bahan lunak – pengertian, contoh, produk

kerajinan bahan lunak – pengertian, contoh, produk


#TahunBaru2017

Sudah pernah dengar kerajinan menggunakan bahan lunak? Produk kerajinan sebenarnya lebih banyak memanfaatkan bahan bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, rotan dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet.

Jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Infolengkap.net hanya menyajikan pengertian dan beberapa kerajinan bahan lunak beserta aneka produk kerajinan dari bahan lunak, kerena kerajinan bahan lunak lebih mudah didapat dan diperoleh bahkan lebih banyak digunakan.

Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan, yaitu seperti berikut:

a. Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperolah dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami yang kita kenal adalah tanah liat, serat alam, dan kulit.

b. Bahan Lunak Buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya.

teknik pembuatan dari bahan lunak, contoh produk kerajinan, kerajinan bahan lunak, produk kerajinan dari bahan lunak, contoh kerajinan bahan lunak, produk kerajinan bahan lunak, kerajinan tanah liat, kerajinan kulit, kerajinan sabun, kerajinan gips, kerajinan lilin, kerajinan serat alam, kerajinan bubur kertas

CONTOH PRODUK KERAJINAN BAHAN LUNAK
Ada beberapa contoh produk kerajinan dari bahan lunak seperti Kerajinan Tanah Liat, Kulit, Sabun, Lilin, Serat Alam, Bubur Kertas berikut ini.
a. Kerajinan Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik, contoh gerabah, vas bunga, guci, piring, patung dan lain sebagainya.

b. Kerajinan Kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya.

c. Kerajinan Sabun
Kerajinan dari sabun sangatlah unik. Bahan yang diperlukan adalah sabun batangan. Kita hanya tinggal mengukirnya sesuai dengan seni yang kita punya.

d. Kerajinan Gips
Kerajinan Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Hasil kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

e. Kerajinan Lilin
Kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan.

f. Kerajinan Serat Alam
Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

g. Kerajinan Bubur Kertas
Kerajinan ini merupakan salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas, kertas yang sudah tidak terpakai masih bisa menghasilkan sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » » » »

Incoming search terms: