HOME / UMUM / mobilitas penduduk – teori, pengertian, jenis, bentuk, migrasi

mobilitas penduduk – teori, pengertian, jenis, bentuk, migrasi


#TahunBaru2017

Mobilitas Penduduk, Pengertian, BentukMobilitas dapat diartikan dengan perpindahan atau pergerakan atau perputaran, proses pergerakan penduduk dapat dibedakan menjadi dua, apa saja? yaitu permanen dan nonpermanen. Individu yang melakukan mobilitas disebut migran. Bagaimana cara membedakannya? cukup mudah untuk mengetahui apakah seseorang termasuk migran atau bukan, salah satunya dengan membandingkan antara tempat kelahiran dengan tempat tinggalnya. Jika lokasi tempat kelahiran berbeda dengan tempat tinggal, maka termasuk seorang migran, sedangkan jika lokasinya sama maka dia adalah penduduk asli atau nonmigran.
pengertian mobilitas penduduk, dinamika penduduk, mobilitas penduduk vertikal dan horizontal, makalah mobilitas penduduk, teori mobilitas penduduk, kualitas penduduk, mobilitas sosial, migrasi penduduk, mobilitas penduduk adalah, migrasi internasional, migrasi nasional, pengertian urbanisasi, pengertian transmigrasi, pengertian imigrasi, pengertian emigrasi
Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dalam ilmu sosiologi mobilitas dibagi menjadi dua yaitu mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal. Mobilitas vertikal adalah perpindahan atau perubahan status sosial, misalnya dari orang miskin menjadi kaya atau sebaliknya. Mobilitas horizontal adalah perpindahan penduduk secara geografis. Mobilitas horizontal disebut juga dengan migrasi. Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat ke satu tempat yang lain melewati batas administratif dengan tujuan menetap. Migrasi dibagi menjadi dua yaitu migrasi internasional dan migrasi nasional.

1. Migrasi Internasional
Migrasi intenasional adalah perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain. Migrasi internasional terdiri dari:
a. Imigrasi yaitu migrasi yang merupakan masuknya penduduk ke suatu negara. Orang yang melakukan imigrasi disebut imigran.
b. Emigrasi yaitu migrasi yang merupakan keluarnya penduduk suatu negara. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran.

2. Migrasi Nasional
Migrasi nasional adalah perpindahan yang terjadi di dalam satu negara misalnya antarpropinsi atau antarkota dalam propinsi. Migrasi nasional terdiri dari:
a. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota.
b. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang kurang padat.

TAG – pengertian mobilitas penduduk, dinamika penduduk, mobilitas penduduk vertikal dan horizontal, makalah mobilitas penduduk, teori mobilitas penduduk, kualitas penduduk, mobilitas sosial, migrasi penduduk, migrasi internasional, migrasi nasional, pengertian urbanisasi, pengertian transmigrasi, pengertian imigrasi, pengertian emigrasi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » » » »

Incoming search terms: