HOME / UMUM / sifat, fungsi dan kedudukan konstitusi

sifat, fungsi dan kedudukan konstitusi


#TahunBaru2017

Sifat KonstitusiFungsi Konstitusi – Apa sifat, fungsi serta kedudukan konsitusi? Sifat pokok konstitusi sendiri yaitu luwes atau fleksibel dan kaku atau rigid. Penjelasannya konstitusi bersifat luwes atau flexible yaitu konstitusi mudah mengikuti dinamika atau perkembangan zaman dalam masyarakatnya sedangkan maksud konstitusi bersifat kaku atau rigid yaitu konstitusi sulit untuk dirubah, karna diperlukan prosedur yang rumit.

Fungsi pokok konstitusi sendiri ialah membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Pemerintah sebagai suatu kumpulan kegiatan yang diselenggarakan oleh dan atas nama rakyat, terkait oleh beberapa pembatasan dalam konstitusi negara sehigga menjamin bahwa kekuasaan yang dipergunakan untuk memerintah itu tidak disalahgunakan, dengan demikian diharapkan hak-hak warganegara akan terlindungi.

Kedudukan Konstitusi sendiri menempati kedudukan yang begitu krusial didalam kehidupan ketatanegaraan sebuah Negara, sebab konstitusi menjadi tolak ukur kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh dengan fakta sejarah perjuangan para pahlawannya. Walaupun konstitusi yang terdapat di dunia ini tidak sama satu dengan yang lainnya baik dalam hal bentuk, isi, maupun tujuan. Namun, pada umumnya semuanya memiliki kedudukan formal yang sama. yaitu sebagai:
– Konstitusi sebagai Hukum Dasar sebab konstitusi berisi ketentuan dan aturan tentang perihal yang mendasar dalam kehidupan sebuah negara
– Konstitusi sebagai Hukum Tertinggi

Sesuai dengan istilah konstitusi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia yang diartikan sebagai:
1) Segala ketentuan dan aturan mengenai ketatanegaraan;
2) Undang-undang Dasar suatu negara.

Berdasarkan pengertian tersebut, konstitusi merupakan tonggak atau awal terbentuknya suatu negara dan menjadi dasar utama bagi penyelenggara negara. Oleh sebab itu, konstitusi menempati posisi penting dan strategis dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » »

Incoming search terms: