HOME / UMUM / cara pembuatan pupuk kompos organik

cara pembuatan pupuk kompos organik


#TahunBaru2017

cara pembuatan pupuk kompos organikpenggolongan sampah – Sampah itu terbagi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Untuk saat ini saya akan membahas tentang sampah organik yang sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos.

Dari pada dibuang percuma dan merusak pemandangan serta menimbulkan bau yang mengganggu. Akan lebih baik jika sampah organik yang banyak dihasilkan dari aktivitas rumah tangga (sampah rumah tangga) ini dijadikan pupuk kompos.

Pupuk Kompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti jerami, dedaunan, dan kotoran hewan yang mengalami proses dekomposisi atau pelapukan terlebih dahulu. Cara Pembuatan pupuk organik sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah.

produk pupuk, beli jual pupuk kompos organik, ikan pupuk kompos organik, perikanan pupuk kompos organik,pupuk kompos cair, cara berbisnis pupuk, cara buat kompos organik, cara pembuatan pupuk sampah organik, cara pembuatan pupuk kompos padat, pupuk kompos dari kotoran sapi, pupuk kompos dari jerami,jenis sampah

Bahan-bahan Pupuk Organik

– Kotoran ternak. Sapi, kerbau, kambing dan domba (2 ton / 2000kg)
– Jerami yang dicacah terlebih dahulu kurang lebih 5-10 cm. (secukupnya)
– Arang Sekam (secukupnya), Sekam yang sudah dibakar namun tidak samapi menjadi abu. lihat proses pembuatan arang sekam
– Air (20 liter)
– EM4 (5 sendok makan)
– Gula pasir (5 sendok makan)
– Bubuk gergaji atau bisa juga dengan dedaunan dan bahan-bahan organik lainnya.

Alat-alat yang diperlukan

– Sekop
– Cangkul
– Sarung tangan
– karung goni

Cara Pembuatan Pupuk Kompos Organik:
– Siapkan media pembuatan pupuk, ditempat yang sejuk tidak terkena matahari langsung dan tidak kena hujan jika terjadi hujan.
– Larutkan EM4 dan gula kedalam air.
– Lapisan pertama, Campurkan Kotoran ternak dengan arang sekam kemudian aduk hingga merata, setelah itu taburkan dekomposer (EM4 dan gula yang sudah dilarutkan dalam air) tadi secukupnya aduk hingga merata.
– Lapisan Kedua Taburkan jerami, dedak, bubuk gergaji dan bahan-bahan organik lainnya hingga merata kemudian siramkan dekomoser tadi.
– Setelah itu tutup rapat tumpukan bahan-bahan tadi dengan rapih dengan menggunakan karung goni dan jerami.
– Hari Kedua aduk adonan tersebut hingga merata dan tutup kembali rapat-rapat.
– Lakukan monitoring setiap pagi dan sore, dengan cara memasukan tangan (dengan sarung tangan) jika tangan kita tidak kuat menahan panas adonan maka adonan belum siap dipakai, aduk setiap melakukan monitoring.
– Biasanya hari ke empat adonan sudah siap, cara menceknya masukan tangan anda jika bisa menahan panas adonan maka pupuk kompos organik siap dipakai.

Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik:
– Kumpulkan sampah-sampah organik seperti sisa sayuran, sisa makanan, dedaunan kering, kulit buah, dan sebagainya. – Agar proses pengomposan lebih cepat, sebaiknya potong kecil-kecil dengan ukuran maksimal 3 cm.
– Masukkan sampah tersebut ke dalam keranjang/ember/drum/bak/karung yang sudah dilubangi. Lubang-lubang tersebut berfungsi agar oksigen dapat masuk karena oksigen adalah faktor penting dalam proses penguraian sampah.
– Tambahkan pupuk kompos yang sudah jadi (bisa beli di toko tanaman) sebanyak 1/5 dari campuran sampah.
– Bioaktivator seperti EM4 (Effective Microorganism) atau kotoran hewan seperti kotoran ayam, kambing, atau sapi dapat ditambahkan untuk mempercepat proses terbentuknya pupuk kompos.
– Aduk campuran, tutup wadah dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung ataupun air hujan.

+INFORMASI TAMBAHAN HARGA PUPUK
PUPUK ORGANIK POWDER HARGA Rp 950,- per Kg
PUPUK GRANUL HARGA Rp. 1.250,- per Kg
PUPUK FOSFAT ALAM HARGA Rp. 1.550,- per Kg
PUPUK ORGANIK PENYUBUR HARGA Rp. 65.000,- per Liter

INFORMASI – produk pupuk, beli jual pupuk kompos organik, ikan pupuk kompos organik, pupuk kompos cair, cara berbisnis pupuk, cara buat kompos organik, cara pembuatan pupuk sampah organik, cara pembuatan pupuk kompos padat, pupuk kompos dari kotoran sapi, pupuk kompos dari jerami

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » »

Incoming search terms: