HOME / UMUM / hama, gulma, penyakit tumbuhan – pengertian, jenis, contoh

hama, gulma, penyakit tumbuhan – pengertian, jenis, contoh


#TahunBaru2017

Hama, gulma, dan penyakit tanaman seringkali mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu atau terhambat, bahkan dapat menggagalkan terwujudnya produksi dan pada akhirnya gagal panen, dan petani bisa mengalami kerugian.

Hama yang merusak tanaman bisa disebabkan oleh hewan dari kelas rendah sampai dengan hewan kelas tinggi (mamalia). Sedangkan penyakit tumbuhan disebabkan oleh bakteri dan jamur. Kekurangan zat hara pun termasuk golongan penyakit. Sedangkan gulma adalah tumbuhan liar yang mengganggu tanaman budidaya.

macam-macam penyakit tumbuhan, penyakit tumbuhan akibat virus, pengertian hama, pengertian gulma, jenis gulma, contoh penyakit tanaman

PENYAKIT HAMA TUMBUHAN
Hama adalah semua jenis binatang yang merugikan dan mengganggu tanaman yang sedang dibudidayakan oleh manusia dan bukan tumbuhan liar yang ada di alam. Hewan ini bisa menyebabkan kerusakan dan kemudian ada beberapa hewan yang bisa menyebabkan penyakit tertentu pada tanaman. Jika diklasifikasikan maka hama akan digolongkan kepada beberapa jenis.

Hama tidak hanya datang dari permukaan tanah, bisa juga dari dalam tanah sendiri. Hama sepeti ini sering menyerang tanaman yang diambil umbinya terutama kentang. Hama yang dikenal dengan nematoda sistem kuning ini menyerang disaat musim hujan, akibatnya kentang menjadi sakit yang ditandai dengan menguningnya daun dan kemudian mati.

Jenis Hama Tumbuhan
Jenis Molusca: diantaranya adalah bekicot, siput, dan sejenisnya.
Jenis Aves: semisal burung, ayam (jika itu memang menganggu/memakan tanaman
Jenis Serangga: merupakan jenis yang paling banyak, misalkan belalang, ulat, wereng, kumbang dan lain sebagainya.
Jenis Mamalia: tikus adalah salahsatu contoh yang banyak ditemui.

Hama timbul biasanya karena adanya ketidak seimbangan dalam ekosistem yang menghambat kerja salah satu aliran makan-memakan. Dalam mengatasi hama seperti ulat pun kita dapat menggunakan pemangsa yang lebih tinggi seperti burung atau laba-laba. Namun karena penggunaan insektisida untuk mengatasi ulat, biasanya laba-laba ikut mati berikut ulat, dan burung pun mengalihkan sasarannya pada padi itu sendiri jika tidak ada ulat.

BACA – pengendalian dan pemberantasan hama, penyakit dan gulma tanaman

PENYAKIT GULMA TUMBUHAN
Gulma biasanya dinamakan “tumbuhan pengganggu”, tetapi bagi gulma lebih populer disebut rumput-rumputan. Menurut para ahli, gulma terdiri atas 3 golongan utama: golongan rumput, golongan teki, golongan tumbuhan berdaun lebar. Gulma yang paling banyak mengganggu tanaman ialah golongan rumput, golongan berdaun lebar, dan yang paling sedikit golongan teki. Meskipun begitu, golongan teki ini yang banyak merusak.

Golongan rumput
Echinochloa crus galli (jawan, jajagoan)
Echinochloa colonum (tuton, jajagoan leutik)
Panicum repens (suket balungan, jajahean)

Golongan teki
Cyperus difformis (sunduk welut, jukut papayungan)
Cyperus iria (jakeng)

Golongan berdaun lebar
Marsilea crenata (semanggen, semanggi)
Salvinia molesta (janji, jukut cai)
Sagittaria guayanensi (eceng)
Limnocharis flava (genjer)
Monochoria vaginalis (wewehan, eceng lembut)

BACA – pengendalian dan pemberantasan hama, penyakit dan gulma tanaman

PENYAKIT TUMBUHAN

Penyakit Tanaman adalah sebuah kondisi yang mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan normal, dikarenakan adanya gangguan pada organ tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme pengnggu, hama, virus atau kondisi tanah yang kekurangan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman.

Penyakit yang dialami oleh tanaman disebabkan oleh serangan virus, bakteri atau jamur. Penyakit menyerang tanaman dari dalam, sehingga fungsi dan kerja jaringan pada tumbuhan dapat terganggu dan akhirnya mati. Diantaranya jenis-jenis penyakit:

Penyakit layu, penyakit ini bisa menyerang jenis tanaman apapun, kebanyakan disebabkan oleh bakteri meskipun ada beberpa sebab lainnya, lihat juga kondisi kesuburan tanah. Penyakit layu ini dengan ciri-ciri tanaman tidak segar dan cepat menguning belum pada waktunya dan jika tidak ditangani akan menyebabkan kematian pada tanaman.

Penyakit hawar daun, bisa diidentifikasikan dengan tepi daun yang terdapat bercak-bercak, penyakit ini biasanya disebabkan oleh jamur.

Penyakit busuk daun, penyakit ini juga biasanya disebabkan oleh jamur, ciri-cirinya adalah timbul bercak pada daun hingga terlihat nampak pucar, kemudian menyebabkan kebusukan pada daun.

Penyakit tungro, peyakit ini menyebabkan tanaman kurang subur dan pertumbuhan terhambat sehingga tumbuhan menjadi kerdil dan tidak wajar, hal ini biasanya disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh wereng.

Dan terakhir kita juga dikenalkan dengan penyakit Mosaic, penyakit ini biasanya menyerang tanaman tembakau, yang juga disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus).

INFORMASI – macam-macam penyakit tumbuhan, pengertian penyakit tumbuhan, penyakit pada tumbuhan, penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus, penyakit tumbuhan akibat virus, penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus, penyakit tumbuhan akibat jamur, jenis penyakit tanaman, penyakit tumbuhan cvpd, penyakit tanaman padi, penyakit tanaman kentang, jenis hama penyakit tanaman, hama penyakit tanaman kelapa sawit, penyakit tanaman pisang, penyakit tanaman cabe, penyakit tanaman padi sawah, penyakit tanaman kacang tanah, penyakit tanaman jagung

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » »

Incoming search terms: