HOME / UMUM / Monokotil dan Dikotil – Batang, Bunga, Akar, Daun, Contoh

Monokotil dan Dikotil – Batang, Bunga, Akar, Daun, Contoh


#TahunBaru2017

Pengertian monokotil dikotil, batang, bunga, daun, akar – Seperti yang kita tahu sekarang ini, tanaman diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu dikotil dan monokotil. Perbedaan mendasar antara monokotil dan dikotil, seperti nama mereka menyarankan, adalah adanya masing-masing kotiledon tunggal dan ganda. Sederhananya, monokotil memiliki daun embrio tunggal, sedangkan dikotil memiliki dua dari ini, daun embrio juga disebut sebagai daun biji. Ada banyak karakteristik yang lebih membedakan yang memisahkan monokotil dari dikotil. Mari kita lihat ciri ciri pembeda.

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil dari ciri fisiknya yaitu pada bentuk akar yang ada dalam monokotil mempunyai sistem berakar serabut, sedangkan dalam dikotil mempunyai akar yang tunggang. Pola tulang daun yang dialami pada monokotil berbentuk melengkung atau bisa diaktakan sejajar dan pada dikotil seperti menjari atau menyirip. Monokotil terdapat kalipatra atau tudung akar, sedangkan dikotil tidak ada kaliptrogen.

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil selain dapat diketahui dari fisiknya, juga bisa dilihat langsung pada proses terjadinya. Dan untuk mempelajarinya lebih lanjut silahkan lihat tabel dibawah ini.

NO. MONOKOTIL DIKOTIL
1. Bijinya berkeping satu. Bijinya berkeping dua.
2. Letak pembuluh angkut tersebar. Letak pembuluh angkut teratur.
3. Batang tidak bercabang-cabang, lurus. Batang bercabang-cabang.
4. Tidak memiliki kambium. Memiliki kambium.
5. Bagian-bagian bunga berjumlah 2,4, 5 atau kelipatannya.
Bagian-bagian bunga berumlah 3 atau kelipatannya.
6. Akar serabut. Akar tunggang.
7. Mengalami pertumbuhan primer saja. Mengalami pertumbuhan primer dan sekunder.
8. Tulang daun sejajar, melengkung. Tulang daun menjari, menyirip

Tanaman berbunga dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu; monokotil dan dikotil. Kedua kategori memiliki banyak perbedaan, yang dapat dengan mudah terlihat ketika melihat benihnya, daun, urat daun, batang, bunga, dan akar. Baik bunga monokotil dan dikotil terdiri dari beberapa jumlah kelopak, sepal, benang sari dan putik. Jumlah setiap bagian bervariasi baik monokotil dan dikotil.

PERBEDAAN BUNGA

Bunga monokotil adalah bunga yang ditemukan pada tumbuhan monokotil. Bagian bunga dari monokotil biasanya dalam kelipatan tiga, seperti 3 atau 6 atau 9. Beberapa contoh untuk bunga monokotil adalah bunga padi, bunga gandum, bunga jagung, dll.

Bagian bunga dari dikotil adalah dalam kelipatan empat atau lima, seperti 4 atau 8 dan 5 atau 10. Contoh untuk bunga dikotil adalah bunga mangga, bunga kayu manis, bunga alpukat, dll.

CONTOH TANAMAN

Untuk contoh tanaman dikotil adalah sebagai berikut:

– Jarak, Ubi, Jambu Air, Jambu biji, Terong, Tomat, Kacang, Pete, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk contoh tanaman monokotil adalah sebagai berikut:

– Jagung, Padi, Pinang-pinangan, Kelapa, Pisang, Anggrek, Bawang, Vanili, Jahe, Kunyit, dan masih banyak yang lainnya.

TABLE GAMBAR

Tabel perbedaan monokotil dan dikotil sebagai berikut:

monokotil adalah, dikotil adalah, contoh monokotil dan dikotil, monokotil dan dikotil wikipedia, monokotil dan dikotil perbedaan, monokotil dan dikotil pada tumbuhan, tabel perbedaan monokotil dan dikotil,perbedaan monokotil dan dikotil beserta contohnya, perbedaan monokotil dan dikotil beserta gambar, perbedaan dikotil dan monokotil pada akar, perbedaan dikotil dan monokotil pada batang, tabel perbedaan monokotil dan dikotil

Itulah perbedaan tanaman monokotil dan dikotil yang mana keduanya tentu memang seringkali membinggungkan bahkan namanyapun mempunyai kemiripan, namun walaupun begitu tentunya kedua tanaman tersebut memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain.

INFORMASI – contoh monokotil dan dikotil, monokotil dan dikotil wikipedia, monokotil dan dikotil perbedaan, monokotil dan dikotil pada tumbuhan, tabel perbedaan monokotil dan dikotil, perbedaan monokotil dan dikotil beserta contohnya, perbedaan monokotil dan dikotil beserta gambar, perbedaan dikotil dan monokotil pada akar, perbedaan dikotil dan monokotil pada batang, tabel perbedaan monokotil dan dikotil

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » »

Incoming search terms: