HOME / UMUM / Pengertian Hewan Ovipar, Vivipar, Ovovivipar

Pengertian Hewan Ovipar, Vivipar, Ovovivipar


#TahunBaru2017

Hewan Ovipar, Vivipar, Ovovivipar – Apa itu hewan Ovipar? Contoh hewan Ovipar? Pengertian hewan Vivipar? Contoh hewan Vivipar? Ciri hewan bertelur? Hewan berkembang biak dengan 3 cara yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ketiga perkembangbiakan ini disebut Perkembangbiakan Generatif.

1. Vivivar (Melahirkan)
Perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan atau beranak disebut Vivipar. Vivipar adalah kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan hewan yang lahir dari seorang ibu. Dengan mengetahui istilah ini, maka akan jelas memahami bahwa hewan vivipar telah dipelihara di dalam tubuh seorang ibu, selama perkembangan embrio berlangsung. Semua persyaratan untuk embrio sudah berkembang seperti nutrisi, tempat tinggal, dan perlindungan disediakan dari ibu.
contoh hewan vivivar, gambar hewan
Ini akan menjadi penting untuk menyatakan bahwa limbah yang dihasilkan dari proses biologis dari embrio berkembang telah berhasil didalam rahim ibu. Janin internal dibuahi berkembang menjadi embrio dan akhirnya menjadi bayi yang baru lahir melalui viviparity. Dengan kata lain, lokasi di mana penggabungan gen ibu dan ayah terjadi pada hewan vivipar adalah didalam wanita atau betina.

Contoh hewan vivipar antara lain Kucing, Kera, Gajah, Kuda, Sapi, Paus, Kambing.

2. Ovipar (Bertelur)
Perkembangbiakan hewan dengan dengan cara bertelur disebut Ovipar. Telur tersebut dierami sampai menetas. Biasanya, telur ditutupi dengan cangkang keras, untuk memastikan perlindungan fisik untuk embrio yang sedang berkembang. Pengerasan kulit berlangsung secara alami setelah gen ibu dimasukkan ke dalam sel telur atau telur.
contoh hewan bertelur, gambar hewan, hewan ovipar
Fusi materi genetik terjadi setelah perkawinan sukses antara jantan dewasa dan seorang betina dewasa. Fertilisasi biasanya terjadi secara eksternal pada hewan ovipar, di mana betina bertelur dan sperma yang dikeluarkan oleh jantan, untuk membuahi. Perlu dicatat bahwa telur dan sperma akan dikeluarkan ke lingkungan akuatik karena kalau tidak mereka tidak bisa bertahan hidup misalnya ikan dan amfibi.

Ovipar ditemukan di hampir semua invertebrata karena mereka semua bertelur dan membiarkan perkembangan embrio berlangsung di dalam telur.

Contoh hewan ovipar antara lain Serangga, Ayam, Angsa, Burung.

3. Ovovivipar (Bertelur Melahirkan)
Perkembangbiakan hewan dengan dengan cara bertelur dan melahirkan disebut Ovovivipar. Embrio hewan ini berkembang dalam telur yang masih berada didalam tubuh induknya. setelah cukup umur, anak hewan tersebut menetas dan keluar dari tubuh induknya sehingga tampak seperti melahirkan.
contoh hewan bertelur, gambar ikan, hewan mamalia
Contoh hewan Ovovivipar antara lain Hiu, Ikan Pari, dan beberapa jenis Ular.

INFORMASI – ciri hewan bertelur, contoh hewan ovipar, contoh hewan bertelur, artikel perkembangbiakan hewan, ciri hewan bertelur, ciri hewan ovipar, contoh hewan mamalia, contoh hewan ovovivipar, gambar hewan, hewan invertebrata, perkembangbiakan hewan secara vegetatif

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » » »

Incoming search terms: