HOME / UMUM / Perkembangbiakan Hewan

Perkembangbiakan Hewan


#TahunBaru2017

Perkembangbiakan GeneratifPerkembangbiakan Vegetatif – Secara garis besar hewan berkembang biak melalui 2 cara yaitu generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan yang melalui proses fertilisasi. Fertilisasi adalah peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Sel kelamin jantan disebut sperma dan sel kelamin betina disebut ovum.

Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui proses fertilisasi. Hewan yang membelah diri seperti Amoeba adalah salah satu contoh hewan yang mampu berkembang biak secara vegetatif.
perkembangbiakan hewan, gambar hewan, generatif, vegetatif
Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan dengan melalui proses perkawinan. Proses perkawinan yang terjadi kemudian akan menghasilkan individu baru berupa anak. Perkembangbiakan generatif pada hewan meliputi bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar).

Hewan yang bertelur biasanya berasal dari golongan pisces (ikan), aves (burung), amfibi dan reptilia. Hewan yang melahirkan biasanya berasal dari golongan mamalia. Hewan yang bertelur dan melahirkan contohnya adalah beberapa jenis kadal.

Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembang biakan vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melalui proses perkawinan, jadi tidak terjadi proses pembuahan sel kelamin betina oleh sel kelamin jantan. Perkembangbiakan vegetatif biasanya terjadi pada hewan tingkat rendah, misalnya hydra, amoeba, protozoa dll.

Ada 3 macam perkembangbiakan secara vegetatif meliputi Tunas, Membelah diri, Fragmentasi.

INFORMASI – perkembangbiakan hewan secara ovovivipar, perkembangbiakan hewan secara vegetatif, perkembangbiakan hewan invertebrata, contoh perkembangbiakan hewan, perkembangbiakan hewan ppt, perkembangbiakan pada hewan, perkembangbiakan hewan dan tumbuhanciri hewan bertelurciri hewan ovipar, contoh hewan mamalia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


UMUM » » » » » »