HOME / UMUM / Diagram Matematika – Pengertian, Macam, Contoh

Diagram Matematika – Pengertian, Macam, Contoh


#TahunBaru2017

Pengertian Diagram – Diagram Matematika, Contoh Diagram, Macam Macam Diagram, Jenis Diagram, Statistika – Pengetian Diagram sendiri adalah suati gambar atau grafik yang di dalamnya berisi keterangan dan informasi mengenai suati hal tertentu.

Pengertian lain, Diagram adalah gambaran untuk menerangkan atau memperlihatkan suatu data yang akan disajikan. Data atau informasi yang disampaikan direalisasikan melalui sebuah gambar. Atau definisi lain diagram adalah suatu lambang tertentu yang di pakai untuk menjelaskan sarana, prosedur seta macam kegiatan yang biasa digunakan dalam suatu sistem.

Diagram sendiri mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: diagram lingkaran, garis, pohon, batang dsb. Namun, terdapat beberapa macam diagram bentuk diagram yang sering digunakan yaitu:
– Diagram Gambar: Diagram Gambar (piktogram) adalah data berbentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menunjukkan banyak benda sesungguhnya.
– Diagram Batang: Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi.
– Diagram Garis: Diagram garis adalah penyajian data dalam bentuk diagram berupa garis.
– Diagram Lingkaran: Diagram lingkaran adalah diagram yang cara penyajiannya dalam bentuk lingkaran dengan cara membagi-bagi bagian/daerah lingkaran.

Untuk lebih jelas, bisa simak macam macam diagram disertai contohnya berikut ini:
Diagram Lingkaran
Diagram Lingkaran yaitu diagram yang berbentuk lingkaran yang terbagi menjadi juring-juring dan masing-masing juring menyatakan nilai dalam bentuk presentase.
Contoh
diagram lingkaran

Diagram Batang
Diagram Batang yaitu diagram yang terdiri dari sumbu horizontal (yang menyatakan kategori) dan sumbu vertical (yang menyatakan nilai). Besaran nilai disajikan dalam bentuk batang pada masing-masing kategorinya.
Contoh
diagram batang

Diagram Garis
Diagram Garis yaitu diagram yang terdiri dari sumbu horizontal (yang menyatakan kategori) dan sumbu vertical (yang menyatakan nilai). Besarnya nilai disajikan dalam bentuk titik-titik yang terhubung antar kategorinya. Pada umumnya dalam diagram garis, kategorinya berupa waktu.
Contoh
diagram garis

Diagram Batang Daun
Di dalam diagram batang daun, data yang telah terkumpul diurutkan terlebih dahulu dari data ukuran terkecil sampai data dengan ukuran yang terbesar. Diagram ini terdiri dari dua bagian, diantaranya yaitu batang dan daun. Pada bagian batang memuat angka puluhan serta bagian daun memuat angka satuan.
Contoh
diagram batang daun

Diagram Pohon
Diagram pohon yaitu teknik yang digunakan untuk memecahkan konsep apa saja, seperti kebijakan, target, tujuan, sasaran, gagasan, persoalan, tugas-tugas, atau aktivitas-aktivitas secara lebih rinci ke dalam sub-subkomponen, atau tingkat yang lebih rendah dan rinci.
Contoh
diagram pohon

Diagram Context
Diagram Context atau sering disebut dengan Context Diagram/Data Flow Diagram (DFD) Level 0 adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Bagian termudah adalah menetapkan proses (yang hanya terdiri dari satu lingkaran) dan diberi nama yang mewakili sistem.
Contoh
diagram context

Diagram Venn
Diagram Venn atau diagram set adalah suatu cara untuk menyatakan dan melihat hubungan antara beberapa himpunan dengan menggunakan diagram atau gambar himpunan. Diagram ini menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda atau objek.
Contoh
diagram venn

INFORMASI – pengertian tabel, pengertian diagram fasa, pengertian diagram alir data, pengertian diagram histogram, pengertian diagram lambang, pengertian diagram panah, pengertian diagram venn, pengertian diagram class, gambar diagram lingkaran, macam-macam diagram, diagram batang, contoh diagram, pengertian diagram, diagram lingkaran, diagram garis, macam-macam diagram dan pengertiannya, contoh diagram venn, diagram context perpustakaan, contoh soal diagram lingkaran, diagram pohon peluang filogeni sintaksis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » » » » » » »

Incoming search terms: