HOME / UMUM / Hukum Acara Pidana – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Asas

Hukum Acara Pidana – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Asas


#TahunBaru2017

Hukum Acara Pidana – Apa pengertian Hukum Acara Pidana? Fungsi Hukum Acara Pidana? Tujuan Hukum Acara Pidana? Hukum Acara Pidana dan Hukum Pidana mempunyai hubungan yang sangat erat bagai dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Keduanya saling melengkapi sehingga jika salah satu tidak ada, lainnya tidak akan berarti. Apabila hukum acara pidana tidak ada, hukum pidana tidak dapat dilaksanakan dan akan menjadi hukum yang mati karena tidak ada pedoman dan perangkat lainnya yang dapat melaksanakannya. Demikian pula hukum acara pidana tidak dapat berbuat banyak dan menjadi hukum yang tertidur. Jika tidak ada hukum pidana, berarti tidak ada orang yang melakukan perbuatan pidana, berarti tidak ada orang yang diproses oleh hukum acara pidana. Lihat sifat fungsi kedudukan konstitusi

Secara Garis besar hukum acara pidana ialah sebagai aturan yang mengatur bagaimana caranya Negara dengan perantaraan alat alat kekuasaanya menggunakan haknya untuk menghukum dan menjatuhkan hukuman, demikian yang memuat acara pidana. Bisa disimpulkan juga, Pengertian Hukum Acara Pidana adalah Hukum yang mengatur tata cara mempertahankan dan menyelenggarakan hukum pidana materil di dalam persidangan. Namun, untuk Lebih jelasnya lihat lihat dibawah ini.
hukum acara pidana
PENGERTIAN DAN DEFINISI AHLI
Hukum Acara adalah rangkaian peraturan-peraturan yang memuat cara bagaimana orang harus bertindak, satu sama lain untuk melaksanakan berjalannya peraturan yang berlaku.

Menurut Van Bemmelen Hukum acara pidana mempunyai peraturan mengenai yang terjadi antara saat timbulnya dugaan bahwa suatu delik telah dilakukan dan dilaksanakannya pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa.

Menurut Dr. A. Hamzah. SH. Hukum acara pidana merupakan bagian drai hukum pidanadalam arti yang luas. Hukm pidana dalam arti yang luas meliputi baik hukum pidanasubstantive (materiil) maupun hukm pidana formal atau hukum acara pidana.

Menurut S. M. Amin. Hukum Acara Pidana adalah Kumpulan peraturan dengan tujuan memberikan pedoman dalam usaha mencari kebenaran dan keadilan bila terjadi perkosaan atau pelanggaran yang terhadap ketentuan hukum pidana materiil.

Menurut Prof. Dr. Wirjono Prodjodikoro, SH. Hukum Acara Pidana adalah rangkaian peraturan yang memuat cara bagaimana badan-badan pemerintah yang berkuasa, yakni kepolisian, kejaksaan dan pengadilan harus bertindak guna mencapai tujuan negara dengan mengadakan hukum pidana

FUNGSI / TUJUAN HUKUM ACARA PIDANA
1. Fungsi Penegakan Hukum
2. Tujuan Mencari dan Mendapatkan Kebenaran Materiil
3. Melaksanakan Putusan Pengadilan
4. Tujuan Melindungi Hak Asasi Manusia

Tujuan Hukum Acara Pidana sangat erat hubungannya dengan tujuan Hukum Pidana, yaitu menciptakan ketertiban, ketentraman, kedamaian, keadilan, dan kesejahteraan masyarakat. Hukum Pidana memuat tentang rincian perbuatan yang termasuk perbuatan pidana, pelaku perbuatan pidana yang dapat dihukum, dan macam macam hukuman yang dapat dijatuhkan kepada pelanggar hukum pidana. Sebaliknya Hukum Acara Pidana mengatur bagaimana proses yang harus dilalui aparat penegak hukum dalam rangka mempertahankan hukum pidana materiil terhadap pelanggarnya.

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa kedua hukum tersebut saling melengkapi, karena tanpa hukum pidana, hukum acara pidana tidak berfungsi. Sebaliknya tanpa hukum acara pidana, hukum pidana juga tidak dapat dijalankan (tidak berfungsi sesuai dengan tujuan). Fungsi dari Hukum Acara Pidana adalah mendapatkan kebenaran materiil, putusan hakim, dan pelaksanaan keputusan hakim.

ASAS ASAS HUKUM ACARA PIDANA
– Peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan : asas yang menghendaki agar peradilan dilakukan dengan cepat, artinya dalam melaksanakan peradilan diharapkan dapat diselesaikan dengan sesegera mengkin dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Sederhana mengandung pengertian bahwa dalam menyelenggarakan peradilan dilakukan dengan simple, singkat, dan tidak berbelit-belit. Biaya murah berarti penyelenggaraan peradilan ditekan sedemikian rupa agar terjangkau oleh pencari keadilan, menghindari pemborosan, dan tindakan bermewah-mewahan yang hanya dapat dinikmati oleh yang beruang saja.
– Praduga tak bersalah (presumtion of innocence) : Adalah asas yang menyatakan, bahwa seorang (terdakwa) berhak untuk dianggap tidak bersalah sampai ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap (Penjelasan Umum KUHAP angka 3 huruf c).
– Perlakuan yang sama didepan hukum (Equality before the law) : asas yang menyatakan, bahwa setiap orang mempunyai kedudukan yang sama didepan hukum. Kerena itu, setiap orang harus diperlakukan sama, memperoleh hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada pilih kasih atau tidak pandang bulu, satu sama lain mendapat perlakuan yang sama.
– Pengadilan terbuka untuk umum kecuali diatur UU : setiap sidang yang dilaksanakan harus dapat disaksikan oleh umum. Pengunjung bebas melihat dan mendengar langsung jalannya persidangan, tidak ada larangan menghadiri persidangan sepanjang tidak menganggu jalannya persidangan itu.
– Asas Legalitas dan Oportunitas (sebagai pengecualian) : Asas legalitas adalah asas yang menghendaki bahwa penuntut umum wajib menuntut semua perkara pidana yang terjadi tanpa memandang siapa dan bagaimana keadaan pelakunya ke muka siding pengadilan. Asas opportunitas adalah memberikan wewenang kepada penuntut umum untuk menuntut atau tidak menuntut seseorang atau suatu badan yang telah melakukan tindak pidana demi kepentingan umum.
– Sidang pengadilan secara langsung dan lisan.
– Asas Akusatoir bukan Inkusatoir (pelaku sebagai subjek bukan objek)
– Tersangka/ terdakwa wajib mendapatkan bantuan hukum
– Pengadilan yang adil dan tidak memihak (Fair Trial)
– Peradilan dilakukan oleh hakim karena jabatannya dan tetap
– Penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan dengan perintah tertulis
– Ganti rugi dan rehabilitasi
– Persidangan dengan hadirnya terdakwa

INFORMASI – materi hukum acara pidana, pengertian hukum acara pidana, alat bukti pidana, hukum acara pidana ppt, hukum acara perdata, makalah hukum acara pidana, makalah hukum acara pidana download, hukum acara pidana pdf

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » »

Incoming search terms: