HOME / SEHAT / Kelebihan dan Manfaat Air Susu Ibu Untuk Sang Bayi

Kelebihan dan Manfaat Air Susu Ibu Untuk Sang Bayi


#TahunBaru2017

Kelebihan ASIManfaat ASI – Apa Kelebihan Air Susu Ibu? Bagaimana manfaatnya? Memberikan air susu ibu (ASI) ataupun susu formula botolan ialah sepenuhnya menjadi pilihan anda. Tidak ada yang memaksa anda untuk menyusui buah hati anda jika anda tidak memiliki waktu maupun memang tidak mampu melakukannya. Jadikan ASI sebagai sumber makanan alami dan sehat bagi buah hati anda.

Walau bagaimanapun, susu formula tak sesempurna air susu ibu, sebagai bekal pertama sang bayi sejak dilahirkan. Mari kita pahami kenapa bayi lebih baik disusui dengan air susu ibu dibandingkan dengan susu formula. Walaupun berkat kemajuan teknologi sekarang ini, susu ASI bisa digantikan dengan susu sapi yang diformulasikan khusus untuk sang bayi. Sehingga seorang ibu kini tak harus menyusui bayinya dengan air susunya sendiri. Sangat praktis, terutama bagi para ibu pekerja.

Untuk itu, Seorang ibu masih sangat dianjurkan untuk memberikan ASI kepada bayinya, hingga umurnya mencapai dua tahun. Air susu ibu mengandung antibodi alami yang membantu tubuh bayi melawan bakteri dan infeksi penyakit atau virus yang menyerang. Antibodi sangat penting untuk menjaga bayi tetap sehat pada bulan-bulan pertama.

Perlu dicatat juga pemberian susu formula juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi sikecil, namun disarankan untuk tidak meninggalkan ASI Eksklusive paling tidak selama 6 bulan kedepan. Sayangnya, tidak semua ibu yang habis melahirkan mendapatkan sumber ASI yang melimpah.
air susu ibu
KELEBIHAN DAN MANFAAT AIR SUSU IBU

– ASI mengandung berbagai zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
– Suhu ASI ideal (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin).
– Setiap kali anda menyusui dengan payudara anda akan merasakan kontraksi pada rahim, ini tanda-tanda hormon oksitosin sedang bekerja.
– Selalu tersedia dalam bentuk segar dan terbebas dari kuman (berbeda dengan susu lain yang mengalami berbagai proses dalam pembuatannya sehingga memungkinkan terjadinya pencemaran kuman).
– ASI mengandung semua zat makanan yang penting bagi pemenuhan kebutuhan energi dan pertumbuhan bayi.
– Kandungan makanan dalam ASI sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga mudah dicerna dan tidak membebani saluran pencernaan dan ginjalnya.
– Zat Gula pada ASI mampu mengurangi infeksi pada bayi dan otak bayi membutuhkan laktosa dan galaktosa untuk berkembang.
– Bayi yang diberi ASI jarang terserang alergi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu sapi karena ASI tidak mengandung beta laktoglobulin yang dapat menyebabkan alergi terhadap protein utuh.
– ASI mengandung laktoferin yang mengikat zat besi dan menghantarkannya ke dinding usus untuk diserap sehingga zat besi yang dimakan bayi tidak direbut bakteri pengikat besi yang hidup dalam usus bayi.
– Secara psikologis proses menyusui mempererat hubungan batin dan emosi antara ibu dan bayi. Hubungan emosi yang dekat ini sangat penting dalam perkembangan jiwa bayi.
– Selanjutnya, air susu ibu gratis dan selalu tersedia
– Lalu, Menyusui melindungi ibu dari kanker payudara, semakin lama ibu menyusui, semakin kecil seorang ibu terkena kanker payudara.

INFORMASI – kelebihan susu ibu dalam islam, air susu ibu adalah, air susu ibu cair, air susu ibu sedikit, air susu ibu hamil, air susu ibu keluar saat hamil berapa bulan, air susu ibu perah, air susu ibu pdf, manfaat air susu ibu, cara memperbanyak asi, manfaat asi untuk perkembangan otaksusu formula untuk bayi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » » » »