HOME / SEHAT / Apa Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Kita?

Apa Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Kita?


#TahunBaru2017

Manfaat Fungsi Vitamin D – Stamina tubuh yang baik dan sehat tentunya sangat diperlukan dalam melakukan aktifitas setiap hari, Maka dari itu kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung berbagai macam vitamin. Kanapa demikian? karena vitamin memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita semua. Seperti Vitamin D atau yang mempunyai nama lain kalsiferol, vitamin ini tergolong kedalam Grup Vitamin yang larut dalam lemak prohormon, Seperti Vitamin B dan Vitamin A.

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin D yakni untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik. Selain itu, Vitamin D juga berfungsi untuk menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia serta berguna sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), bisa juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Mengapa dapat menjaga kekebalan tubuh? Itu karena didalam Vitamin D ini terdapat molekul aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam fungsi otot, tulang, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit. Sehingga jika kita mengkonsumsi buah-buhan dan makanan yang mengandung Vitamin D akan membuat kita memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin D, diantaranya yaitu ikan seperti ikan salmon, ikan todak, atau ikan makarel. Ikan berlemak seperti tuna dan sarden juga dapat menawarkan vitamin D, namun jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, vitamin D dapat di kuning telur, sereal, hati sapi, dan susu. Pilihlah makanan untuk sarapan pagi kamu dengan bijaksana sehingga anda mendapatkan asupan vitamin D yang banyak. Susu sapi, susu kedelai, roti, jus jeruk, sereal,dan yogurt adalah sumber vitamin D yang dapat anda konsumsi untuk sarapan. Anda juga dapat menemukan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen.
manfaat vitamin d, fungsi vitamin d

VITAMIN D DAPAT MENINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG

Vitamin D sangat berperan penting dalam menjaga tulang agar tetap kuat, mulai dari bayi sampai kakek-nenek. Manfaat Vitamin D berperan dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang ada terkandung di makanan. Bagi orang dewasa yang lebih tua, vitamin D dan kalsium dapat membantu dalam mencegah tulang rapuh dan terjadinya patah tulang. Anak-anak membutuhkan asupan vitamin D yang cukup membantu untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya rakhitis (terjadinya pelunakan tulang dan menyebabkan kaki bengkok bagi anak-anak).

VITAMIN D MENGURANGI RESIKO PENYAKIT DIABETES

Beberapa penelitian telah membuktikan hubungan antara rendahnya kadar vitamin D terhadap diabetes tipe 2. Selain itu, rendahnya kadar vitamin D di wanita hamil juga memiliki hubungan dengan diabetes gestasional. Walaupun para ahli belum memiliki cukup bukti apakah dengan meningkatkan kadar vitamin D bisa mencegah penyakit diabetes. Yang jelas, rendahnya asupan vitamin D memiliki hubungan dengan resiko terkena diabetes.

VITAMIN D MENGURANGI RESIKO PENYAKIT KANKER USUS BESAR

Memang terlalu dini untuk menyatakan bahwa vitamin D bisa memerangi kanker secara menyeluruh. Namun penelitian yang baru menunjukkan untuk orang yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi terkandung dalam darah mereka diketahui memiliki resiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit kanker usus besar.

VITAMIN D MENGURANGI RESIKO PENYAKIT JANTUNG DAN STROKE

Rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh berkaitan dengan resiko lebih besar untuk terserang penyakit jantung dan penyakit stroke. Namun hal yang pasti adalah dengan meningkatkan asupan vitamin D bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

VITAMIN D UNTUK PROGRAM DIET

Penelitian menunjukkan bahwa orang terkena obesitas sering kekurangan kadar vitamin D. Lemak tubuh bisa menjerat (perangkap) vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan asupan vitamin D diprogram diet bisa membantu dalam mempermudah orang yang mengalami kelebihan berat badan untuk dapat menurunkan berat.

VITAMIN D MENGURANGI DEPRESI

Vitamin D berperan dalam perkembangan dan fungsi organ otak. Sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D berdosis tinggi dapat mengurangi gejala terjadinya depresi ringan.

SUMBER VITAMIN D DARI SINAR MATAHARI

Ketika kulit terpapar sinar matahari, maka tubuh anda akan sendirinya memproduksi vitamin D. SInar matahari adalah sumber utama dari vitamin D. Orang yang berkulit putih mungkin cukup ‘berjemur’ selama 5-10 menit selama beberapa kali dalam seminggu. Namun, orang tua dan orang-orang yang kulit berwarna gelap, sebaiknya janganlah terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Para ahli menganjurkan pada mereka untuk bisa mengandalkan makanan dan suplemen. Dan untuk yang sering berada di luar ruangan, maka sebaiknya memakai sun block agar dapat menghindari kanker kulit.

VITAMIN D DAPAT MEREMAJAKAN KULIT

Riset telah membuktikan bahwa bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D. Walaupun harus tetap ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan yang mengandung vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari telur, ikan-ikan, atau margarin. Manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Vitamin ini bisa juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan dapat meremajakan kulit. Dan vitamin ini biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

INFORMASI – fakta terbaru manfaat vitamin d, manfaat vitamin d bagi ibu hamil, manfaat vitamin d dari matahari, manfaat vitamin d untuk tulang, manfaat vitamin d untuk bayi, manfaat vitamin d untuk diet, manfaat vitamin d pada sinar matahari, manfaat vitamin d untuk kesuburan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » » »