HOME / SEHAT / Mengatasi Nyeri Saat Haid

Mengatasi Nyeri Saat Haid


#TahunBaru2017

Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi – Obat pereda nyeri haid? penyebab nyeri saat haid? Menghilangkan nyeri saat menstruasi? Kedatangan tamu bulanan merupakan kebiasaan normal yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Proses alami ini terkadang menjadi suatu hal yang menyebalkan dan menyakitkan.

Gejala yang umum sering dialami seperti kram pada perut, hal ini terjadi karena otot-otot rahim berkontraksi selama beberapa hari, pada saat proses ini berlangsung tubuh memproduksi hormon prostaglandin hal ini dapat meningkatkan rasa sakit dan peradangan pada rahim.

Setiap wanita juga memiliki proses menstruasi dengan efek yang berbeda-beda. Ada sebagian wanita yang tidak merasakan gejala apapun selama masa menstruasi, namun ada juga yang sering merasakan nyeri pinggang hingga perut yang melilit saat proses dari menstruasi ini menghampiri.

Wanita biasanya mengalami rasa nyeri luar biasa yang tak tertahankan pada perut bagian bawah menjelang atau saat berlangsungnya haid bahkan setelah berhenti. Saat datang bulan atau haid kebanyakan wanita sering mengalami nyeri, pegal pegal, mual dan sakit perut. Ini adalah hal yang lazim karena bertambahnya prostaglandin dan faktor hormon. Haid merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi.

Memang tidak semua wanita mengalami hal yang menyakitkan tersebut, tetapi kebanyakan wanita pernah mengalami nyeri pada saat haid yang biasa disebut dengan sindrom pramenstruasi.
nyeri saat haid
Berikut infolengkap.net berikan tips cara dalam mengatasi nyeri pada saat haid, beserta cara melakukan perawatan secara alamai :

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Kalsium dan Magnesium
Untuk mengantisipasi terjadinya kram pada saat haid, biasakanlah mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti bayam, brokoli dan sayuran yang berwarna hijau lainnya. Serta makanlah kacang-kacangan seperti almond yang banyak mengandung kalsium. Hal ini akan mengurangi kontraksi pada otot rahim yang akan timbul pada saat menstruasi.

Kompres perut dengan air panas
Apabila kram pada perut terasa semakin nyeri coba kompres perut bagian bawah dengan air panas. Tuang air panas kedalam botol, usahakan airnya jangan terlalu panas, agar memberi rasa nyaman pada perut yang nyeri karena akan melemaskan otot-otot perut. Bisa juga perut diolesi dengan minyak angin atau minyak kayu putih agar perut menjadi hangat.

Pijat bagian bawah pada perut
Kembung juga biasanya akan terjadi pada saat haid, untuk mengurangi hal ini lakukanlah pemijatan ringan dengan menggunakan telunjuk yang digerakkan melingkar pada perut bagian bawah. Hal tersebut akan mengurangi rasa tidak enak pada perut. Disarankan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pemijatan.

Biasakan berolahraga
Olahraga ringan seperti berenang dan berjalan kaki ternyata bisa membuat otot lebih rileks dan menambah pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk membuat otot uterus pada rahim lebih rileks salah satunya dengan yoga.

Hidup sehat
Hindari minuman beralkohol atau minuman dingin, minumlah minuman yang hangat untuk mengurangi rasa nyeri dan akan menciptakan suasana rileks.

Pada umumnya, rasa sakit pada nyeri haid dimulai sesaat sebelum atau pada saat menstruasi datang, dan dalam waktu 24 jam akan mengalami puncak-puncaknya, dan baru menghilang setelah berlangsung 2 hari. Nyeri haid menyerang disertai dengan gejala-gejala sembelit, sakit kepala, diare, mual, sering buang air kecil, atau bahkan bisa sampai terjadi muntah.

Selanjutnya, cara melakukan perawatan alami saat haid:
Air hangat
Kompres dengan air hangat untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat haid. Sediakan air hangat-hangat kuku yang dimasukkan ke dalam bantalan atau botol. Kemudian letakkan pada bagian perut yang terasa nyeri selama 20-30 menit sembari berbaring. Lakukan secara teratur selama masih merasakan nyeri haid.

Pijatan
Metode alami lainnya untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah melakukan pijatan-pijatan ringan di perut yang terasa nyeri secara perlahan sembari berbaring di atas kasur. Anda dapat melakukan ini sendiri atau meminta seorang pemijat melakukannya.

Air Jahe
Cara ini cukup mudah. Yang Anda perlu lakukan adalah siapkan jahe secukupnya. Cuci jahe yang sudah dikupas menggunakan air bersih kemudian tumbuk (jangan sampai terlalu halus). Lalu rebus jahe tersebut dan tambahkan gula secukupnya agar enak diminum.

Jamu Kunyit
Alternatif lainnya adalah jamu kunyit meskipun membuat ramuannya agak sedikit sulit daripada air jahe. Yang harus Anda sediakan adalah ¼ kg jahe, asam jawa, ½ liter air, 1 sendok teh garam, dan gula pasir.

Demikianlah penjelasan tips hilangkan nyeri saat haid serta pengobatannya secara alami, semoga bisa bermanfaat bagi kita.

INFORMASI – mengatasi nyeri atau sakit saat haid, penyebab nyeri saat haid, obat pereda nyeri haid, menghilangkan nyeri saat haid hari pertama, cara menghilangkan nyeri saat haid pertama, cara menghilangkan nyeri haid dengan herbal, menghilangkan rasa nyeri haid, menghilangkan sakit perut saat haid, atasi menstruasi haid secara alami

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


SEHAT » » »