HOME / UMUM / Ekonomi Mikro dan Makro – Pengertian, Contoh, Hubungan, Tujuan

Ekonomi Mikro dan Makro – Pengertian, Contoh, Hubungan, Tujuan


#TahunBaru2017

Ekonomi Mikro dan Ekonomi MakroPengertian, Contoh, Persamaan, Perbedaan, Fakor, Tujuan – Apa pengertian mikro ekonomi dan makro ekonomi? Dua teori ekonomi tersebut merupakan pembagian dari teori dasar ilmu ekonomi. Kita tau setiap manusia mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam, sedangkan barang serta jasa yang ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebenarnya masih terbatas, maka dari itu muncul yang di sebut ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana manusia (sering juga disebut sebagai agen ekonomi/economic agent) melakukan pembagian sumber daya yang tersedia secara efisien dalam memenuhi kebutuhan manusia. Dalam melakukan ini, manusia terkendala oleh waktu, keterbatasan sumber daya, keinginan manusia yang tak terbatas, dan ketidakpastian.

Tujuan yang ingin dicapai dalam bidang ekonomi tentunya ialah mencapai tingkat kesejahteraan yang sebesar-besarnya dalam segala aspek kehidupan. Ilmu ekonomi ini juga tidak terlepas dari penggunaan ilmu matematika dan statistik.

ekonomi mikro, ekonomi makro

Secara umum, subjek dalam ekonomi dapat dibagi menjadi dua cabang, yaitu
– Ekonomi mikro berhadapan dengan keputusan ekonomi ditingkat individu.
– Ekonomi makro melihat ekonomi secara keseluruhan.

Berikut untuk lebih jelasnya silahkan lihat pengertian serta perbedaan yang mendasar dari ekonomi mikro dan ekonomi makro dibawah ini.

1. Ekonomi Mikro

Mikro ekonomi biasa disebut juga dengan ekonomi mikro. Seperti artinya, mikro adalah bagian kecil, sehingga mikro ekonomi bisa dikatakan sebagai ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan ekonomi dalam skala kecil. Sebagai contoh kegiatan dari mikro ekonomi adalah transaksi di pasar tradisional.

Aktivitas saat penjual dan pembeli melaksanakan transaksi, mereka saling tawar menawar hingga mendapatkan harga yang disepakati atas jasa atau barang yang dibutuhkan. Transaksi di pasar tradisional tersebut juga bisa dikatakan sebagai mikro ekonomi.

Ekonomi mikro atau mikro ekonomi menganalisis aktivitas perekonomian dalam skala kecil, pusat perhatian dari mikro ekonomi adalah bagaimana konsumen bisa mengalokasikan pendapatan terbatas untuk bisa memperoleh berbagai macam barang atau jasa demi mendapatkan kepuasan maksimum.

Adapun beberapa aktivitas unit ekonomi yang menjadi kajian dalam ekonomi mikro diantaranya sebagai berikut.

1. Mempelajari perilaku individu sebagai konsumen, produsen, atau pemilik sumber ekonomi.
2. Mempelajari arus perputaran jasa dan barang dari mulai produsen hingga ke konsumen.
3. Mempelajari terbentuknya harga barang dan jasa.
4. Mempelajari tentang penentuan tingkat produksi oleh para produsen agar dapat mencapai keuntungan optimal
5. Mempelajari tentang bagaimana cara konsumen mengalokasikan pendapatan terbatas agar bisa memperoleh kepuasan optimal lewat pembelian barang serta jasa.

Teori mikro ekonomi memandang bahwa faktor produksi yang dipunyai masyarakat bersifat terbatas, seperti modal, alam, serta tenaga kerja.

Keterbatasan itu berbanding terbalik dengan keinginan manusia yang tidak tebatas. Oleh karena itu dalam kegiatan ekonomi, masyarakat harus bisa memilih apakah ingin memproduksi, mendistribusi, atau menggunakan barang dan jasa.

Secara ringkas ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu ekonomi mikro meliputi hal-hal berikut ini.

a. Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
b. Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
c. Teori perilaku konsumen.
d. Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba.
e. Pasar persaingan sempurna.
f. Pasar monopoli.
g. Pasar oligopoli.
h. Pasar persaingan monopolistik.
i. Permintaan akan input.
j. Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

2. Ekonomi Makro

Ekonomi makro atau makro ekonomi muncul seiring dengan ilmu ekonomi yang terus berkembang. Beberapa hal yang dipelajari dalam makro ekonomi adalah seperti kebijakan fiskal dan kebijakan moneter oleh pemerintah. Makro ekonomi ini adalah bagian dari ilmu ekonomi yang di dalamnya mempelajari mekanisme berjalannya perekonomian secara menyeluruh.

Oleh karena itu, hubungan dalam makro ekonomi yang dipelajari adalah secara nasional misalnya tingkat pendapatan nasional, konsumsi rumah tangga secara nasional, suku bunga nasional, investasi nasional, stok kapital nasional, utang pemerintah, dan neraca pembayaran.

Adapun ruang lingkup yang dipelajari dalam teori ilmu ekonomi makro diantaranya sebagai berikut :

a. Perhitungan pendapatan dalam skala nasional
b. Keseimbangan pendapatan nasional di dalam ekonomi dua sektor
c. Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi
d. Tingkat keseimbangan pendapatan secara nasional
e. Pembuatan uang
f. Peredaran uang dan kebijakan moneter
g. Keseimbangan pendapatan nasional di dalam ekonomi tiga sektor
h. Sistem perpajakan dan kebijakan fiskal nasional
i. Pasar tenaga kerja serta pasar uang
j. Inflasi, neraca pembayaran, valas

TAMBAHAN+

Tujuan Ekonomi Makro dan Mikro

Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel variabel secara keseluruhan (agregat). Variable yang dipelajari antara lain pendapatan nasional, kesempatan kerja atau pengangguran, jumlah uang yang beredar, laju inflasi, pertumbuhan perekonomian, investasi, dan neraca pembayaran internasional.

Ilmu ekonomi mikro mempelajari variabel variabel ekonomi dalam linkup kecil.misalnya harga barang, permintaan dan penawaran sejumlah barang, perilaku konsumen dan produsen, produksi, konsumsi, distribusi, biaya dan laba/rugi perusahaan serta rumah tangga.

INFORMASI – perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro, pengertian ekonomi mikro dan makro menurut beberapa ahli, pengertian ekonomi mikro dan makro serta contohnya, pengertian ekonomi makro dan mikro serta perbedaannya, pengertian ekonomi makro dan mikro pdf ppt doc, contoh ekonomi mikro dan makro, persamaan ekonomi mikro dan ekonomi makro, kebijakan pemerintah dalam ekonomi makro dan mikro, artikel ekonomi makro, perbedaan ekonomi mikro, ilmu ekonomi mikro, hubungan ekonomi makro dan mikro, faktor makro dan mikro

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


UMUM » » » »

Incoming search terms: