HOME / NEWS / Perbedaan Batu Akik Asli Palsu – Natural, Sintesis, Imitasi

Perbedaan Batu Akik Asli Palsu – Natural, Sintesis, Imitasi

Batu Akik Asli dan PalsuPerbedaan, Natural, Sintesis, Imitasi, Campuran – Bagi anda penggemar batu akik mengkoleksinya sangatlah wajar sebelum membeli batu akik atau permata anda harus pintar pintar memilah dan harus bisa membedakan jenis batu akik asli dengan permata palsu cukup menyulitkan memang, terlebih jika permata yang hendak dibeli berharga jutaan atau puluhan juta rupiah “akik termahal“, tentu saja harus berhati-hati dan tidak terburu-buru apabila ingin membelinya.

Batu akik atau batu permata kini sedang menjadi tren bahkan anak muda juga banyak yang mengkoleksinya. Hal ini dilihat dari permintaan batu permata jauh lebih tinggi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Hal itu tentu akan memunculkan banyak produk permata atau akik sintetis/palsu/tiruan dipasaran. Jenis batu cincin atau permata sintetis biasanya dibuat sebagai alternatif pilihan batu yang mendekati aslinya.

Ada perbedaan yang mencolok sebenarnya, antara batu akik yang asli dengan batu akik palsu alias imitasi. Umumnya penghobi atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia batu akik bisa langsung mengetahui batu tersebut asli atau palsu cukup dengan merasakan beratnya dan melihat sekilas. Berbeda dengan kalangan awam atau yang kurang terlatih akan butuh usaha ekstra untuk mengenalinya lihat artikel Batu Akik Termahal di Indonesia.

batu akik, akik asli

Batu akik atau disebut juga batu mulia yang bisa ditemukan diberbagai macam tempat. Biasanya tempat-tempat yang banyak ditemukan batu tersebut ialah di dalam tanah yang bagian permukaannya berair, contohnya di bawah rawa, sungai, hutan dan gunung.

Ada beberapa tips sebelum anda memastikan akan membeli sebuah batu akik atau batu permata berikut langkah yang bisa anda lakukan:

– Mengajak orang yang mengenal seputar permata
– Bersabar jangan terburu-buru membeli sebuah akik apalagi harganya mahal
– Barang palsu bisa dibilang asli jika penjualnya tidak jujur
– Teliti dengan baik karena akik asli atau palsu bisa dilihat secara kasat mata
– Kenali serat batu yang ada
– Saipkan alat berupa senter, kaca pembesar dan alat lainnya
– Mencari informasi untuk membekali pengetahuan tentang permata sebelum memutuskan membeli permata mahal
– Menggunakan alat cara mengetes permata (banyak dijual dipasaran)
– Melihat 5C carat/karat), cutting/potongan, colour/warna, clarity/kejernihan dan certificate/sertifikat
– Pergi ke laboratorium gemologi untuk cek keaslian (cara terbaik untuk terhindar dari kesalahan)
BACA JUGA >> Batu Akik Sulaiman

Batu akik umumnya ada beberapa pembagian ada batu natural, batu sintesis, batu imitasi dan batu campuran

Batu Natural
Batu natural adalah batu berbahan asli, yang benar-benar berasal dari alam. Manusia hanya tinggal mengambil kemudian diolah. Dari situ baru kemudian pengrajin kemudian memotong dan memolesnya hingga menjadi sebuah batu indah.

Batu Sintetis
Sedangkan batu sintetis, sebenarnya merupakan batu yang berbahan sama persis dengan natural. Hanya saja batu sintetis dibuat di laboratorium dengan melalui proses kimia seperti teknik Flux-Growth atau proses Czochralski. Biasanya batu ini diciptakan untuk keperluan industri (seperti industri pengeboran). Sifatnya yang bisa dibuat kapan saja diperlukan, membuat harganya jauh lebih murah dibanding batu natural. Saat ini laboratorium bernama Chatam merupakan pembuat batu akik sintetis paling terkenal dari Amerika.

Batu Imitasi
Batu akik imitasi merupakan yang terendah. Batu ini umumnya berbahan material murahan seperti kaca atau plastik, atau campuran materi-materi tertentu sehingga keras dan mirip dengan batu alam. Batu ini umumnya dipakai aksesoris atau pelengkap fashion semata.

Batu Campuran
Selain itu, terkadang ada yang menggunakan sebagian batu akik palsu kemudian dicampur dengan materi-materi lainnya sehingga bahan ini terlihat lebih besar. Batu ini disebut batu akit komposit. Ada juga batu doublets yang merupakan penggabungan dua jenis batu berbeda. Bagian atasnya adalah batu alam asli, sedangkan bagian bawahnya menggunakan bahan murah yang kelihatan mirip.

batu akik, akik asli, akik palsu

Berikut ini infolengkap.net berikan beberapa ciri ciri batu akik atau batu permata asli dikutip dari akikscom silahkan lihat dibawah ini:

Berat: Permata atau batu akik asli lebih berat dibandingkan dengan yang palsu, jika dipegang akan terasa lebih padat.
Suhu: Secara alami sebuah batu asli lebih dingin dengan kaca/sintetis. Cara tes bisa dilakukan dengan menempelkan pada bagian kulit yang sensitif dibagian tubuh kita seperti pipi, leher atau pada bagian lipatan siku lengan.
Memanaskan: Membakar pada bagian batu, jika batu itu terlihat gosong dan meninggalkan bekas yang susah terhapus dapat dipastikan batu itu palsu. Batu asli jika dibakar akan tampak basah seperti berminyak tapi setelah dihapus akan hilang seketika. Begitu juga, setelah dipanaskan batu asli biasanya cepat dingin sedangkan yang palsu panasnya bertahan lebih lama.
Membenturkan: Jika anda memiliki 2 batu yang diyakini sama-sama batu asli jika dibenturkan satu sama lain biasanya keluar percikan api, cara tesnya bisa dilakukan ditempat gelap untuk memastikan ada percikan.
Meneteskan air: Batu asli jika diteteskan air pada bagian permukaannya yang licin tidak akan pecah (bukan metode baku).
Serat: Batu asli alam secara umum memiliki serat alami, permata sentitis atau yang terbuat dari kaca terlihat bening. Meskipun dalam batu sentitis terdapat serat biasanya terlihat tidak alami seperti ada semacam gelembung yang disebabkan saat proses pembuatan terdapat udara yang terperangkap didalamnya.
Mutiara: Jika permata itu jenis mutiara bisa tes dengan cara menggigitnya sekuat-kuatnya, apabila tidak ada perubahan berarti asli.

Dari penjelasan diatas tersebut yaitu cara mengetahui perbedaan batu akik yang asli dengan palsu bisa ditarik kesimpulan, sebelum anda membeli sebuah batu akik atau batu permata haruslah memiliki kewaspadaan yang tinggi artinya pastikan teliti sebelum membeli agar terhindar dari kesalahan, terlebih jika permata yang akan anda beli mahal.

INFORMASI – cara membuat batu akik sintetis, perbedaan batu akik asli dan palsu, ciri ciri batu akik palsu, cara membedakan batu akik palsu, batu akik kalimaya asli dan palsu, batu akik mata kucing asli dan palsu, batu akik bertuah dan tidak, membedakan batu akik dan batu biasa, batu akik yang ada khodamnya, bedakan batu akik asli dan kaca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


NEWS » » »

Incoming search terms: