Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / SEHAT / Tips Cara Atasi, Cegah, Obati Mimisan Alami

Tips Cara Atasi, Cegah, Obati Mimisan Alami


#OmTeloletOm

Cara Tips Mengatasi Mimisan – Sudah tahu penyebab keluarnya darah dari hidung atau mimisan? bagaimana cara mengobatinya? Mimisan adalah pendarahan yang keluar dari hidung disebabkan banyak hal seperti benturan, ada benda dalam hidung bahkan penyakit dalam. Memang mimisan tidak hanya di sebabkan oleh satu penyakit saja jadi untuk memprediksikannya pun harus oleh ahlinya.

Selain itu penyebab mimisan bisa juga faktor pembuluh darah yang terbuka, sinusitis, tumor dan faktor lainnya. Mimisan juga bisa disebabkan oleh kelainan pada tubuh seperti penyakit darah tinggi dan kelainan pembuluh darah. Pendarahan pada mimisan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil.

Siapa saja yang bisa mengalami mimisan? Mimisan biasa saja terjadi pada balita, anak-anak bahkan orang dewasa. Akan tetapi mimisan pada anak sudah umum terjadi dan sudah biasa, untuk itu harus segera di lakukan penanganan untuk menghentikan mimisan tersebut agar darah tidak keluar terus menerus.

Sebenarnya, mimisan ini bukanlah suatu jenis penyakit yang berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika darah yang keluar tidak kunjung berhenti sebaiknya cepat dibawa kedokter. Ada beberapa penyebab terjadinya mimisan yaitu membersihkan kotoran hidung, akibat polusi udara, hindari mengupil terus menerus.

obati mimisan,penyebab mimisan,atasi mimisan,daun sirih
Selain itu ada beberapa penyebab mimisan lain, yang harus anda ketahui:

Alergi
Salah satu penyebab mimisan yang kerap dialami seseorang adalah alergi terhadap sesuatu sehingga menyebabkan pembuluh kapiler terbuka. Dengan terbukanya pembuluh kapiler, maka darah akan keluar melalui hidung.

Hidung kering dan iritasi
Mimisan juga bisa disebabkan oleh hidung yang kering dan iritasi karena perubahan cuaca yang ekstrim. Akibatnya hidung mengalami gangguan fungsi dan menyebabkan darah keluar.

Flu yang berkepanjangan
Jika mengalami flu dalam waktu yang cukup lama, hidung akan mengalami luka akibat ititasi ketika membuang ingus. Akibatnya darah dapat keluar dari hidung. Sebaiknya gunakan tissue atau kain yang lembut untuk menyeka ingus ketika Anda terkena flu.

Tekanan darah naik
Mimisan juga dapat terjadi pada seseorang yang tekanan darahnya naik seperti pada wanita hamil. Jika ini terjadi sebaiknya konsultasikan pada petugas kesehatan/Dokter. Namun gejala mimisan karena naiknya tekanan darah juga dapat terjadi pada orang yang tidak hamil seperti pada pria.

Menderita suatu penyakit
Penyakit seperti leukeumia juga dapat menyebabkan mimisan. Namun saat ini penderita leukeumia sudah dapat mengatasi mimisan dengan obat tertentu.

Setelah mengetahui penyebab mimisan diatas, saatnya mengeahui bagaimana pertolongan pertama atasi mimisan pada anak atau orang dewasa berikut adalah cara mengatasi mimisan.

CARA MENGATASI DAN MENGOBATI MIMISAN

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan dengan daun sirih. Ambil beberapa lembar daun sirih dan cuci dengan air sampai bersih, pelintir seukuran lubang hidung, kemudian masukkan ke masing-masing lubang hidung. Daun sirih selain dapat mengatasi mimisan dengan cara menghentikan pendarahan, juga dapat membantu melawan infeksi.

2. Kompres hidung anda. Jika mengatasi mimisan di atas tidak membantu, lakukan kompres di bagian atas hidung. Caranya Basahi kain lap dengan air es kemudian tempelkan di hidung anda selama beberapa menit. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengatasi mimisan terutama bagi anda yang sering mengalaminya.

3. Pada saat mimisan jangan bersandar ke belakang karena darah akan masuk ke tenggorokan dan menyebabkan saluran udara terhambat, atau bahkan bisa masuk ke perut hal ini akan mengakibatkan darah mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan muntah.

4. Bagian hidung terdiri atas tulang keras dan bagian lembut yang terbentuk dari tulang rawan. Mimisan biasanya terjadi di bagian lunak hidung tersebut. Anda bisa menggunakan obat Penyemprot hidung seperti Afrin.

5. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk mencubit hidung anda agar tidak terjadi pendarahan. Lakukan cara tersebut selama 10 menit. Setelah itu periksa apakah pendarahan di hidung anda sudah berhenti. Jika darah masih keluar lakukan lagi cara yang sama. Kebanyakan mimisan akan berhenti setelah 10 sampai 20 menit dari tekanan langsung.

Catatan: Jika cara mengatasi mimisan di atas tidak dapat menghentikan pendarahan cobalah pergi ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

Semoga para penderita mimisan bisa menerapkan pertolongan pertama apabila tiba-tiba mimisan menghampiri, dan tidak berakibat fatal kedepannya.

penyebab mimisan, penanganan mimisan, tips mengatasi mimisan, cara menangani mimisan, mimisan pada anak orang dewasa, cara mengatasi mimisan pada ibu hamil, cara mengatasi mimisan secara alami, obati mimisan, cara obati mimisan, cara tradisional mimisan, cara alami obati mimisan, cara mencegah mimisan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

SEHAT » » » »