Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / SEHAT / Manfaat dan Bahaya Efek Minum Kopi

Manfaat dan Bahaya Efek Minum Kopi


#OmTeloletOm

Khasiat, Manfaat, Bahaya Kopi – Manfaat dari meminum kopi tentunya sudah banyak diketahui seperti menghidari kantuk, meningkatkan pikiran menjadi lebih fokus, memberikan energi saat beraktifitas dan membuat kita akan terus terjaga, semua itu karena pengaruh dari kafein yang terdapat dalam kopi tersebut sehingga kopi merupakan minuman yang paling digemari hampir sebagian besar orang terutama untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Selama ini memang banyak yang beranggapan tentang akibat buruk dari mengonsumsi kopi. Namun sebenarnya, jika dikonsumsi dengan baik (tidak berlebihan) kopi memiliki beberapa manfaat untuk mencegah penyakit yang menyerang tubuh kita.

Tapi tak hanya itu dengan rutin minum kopi setiap hari di waktu muda ternyata sangat berpengaruh juga untuk kesehatan kita di hari tua agar kita dapat terhindar dari kepikunan serta penyakit alzheimer.

Studi penelitian yang pernah dilakukan di Inggris terhadap orang yang hobi mengkonsumsi kopi saat mudanya, sekitar 3 sampai 5 gelas setiap harinya ternyata membuktikan bahwa saat memasuki usia lanjut orang-orang yang suka mengkonsumsi kopi tersebut dapat terhindar dari resiko terkena penyakit alzheimer sampai 20%.

Sedangkan menurut hasil dari 20 studi yang dilakukan oleh berbagai peneliti di seluruh dunia menjelaskan bahwa manfaat kopi benar-benar dapat menghindarkan kita dari serangan diabetes tipe 2 hingga 50%.

Jenis kopi secara umum dibagi menjadi 4 jenis kopi yaitu
– Kopi Arabika (Coffee Arabica)
– Kopi Robusta (Coffee Cannephora)
– Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei)
– Kopi Liberika (Coffee Liberica)

Dari ke-empat jenis kopi diatas, kopi terbaik adalah jenis kopi Liberika, Indonesia sendiri menghasilkan kopi jenis Arabika yang menghasilkan kopi pilihan seperti Gayo, Mandaling, Kintamani, Mangkuraja, Jawa dan Kalosi, dan ada lagi yang termasuk kopi special dan langka adalah kopi luwak yang termasuk kopi jenis arabika.

efek,bahaya,manfaat,minum kopi

MANFAAT MINUM KOPI

1. Mencegah kanker

Menurut penelitian yang telah dilakukan, dengan meminum 2-3 cangkir kopi dalam sehari, dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker yeng terjadi pada wanita, yaitu kanker payu dara.

2. Mencegah batu ginjal

Menurut para ahli yang telah melakukan penelitian terhadap kopi mengungkapkan jika seorang wanita meminum kopi 2-3 cangkir dalam sehari, maka mereka telah mengurangi 25% resiko terkedan batu ginjal, hal ini juga diperkuat oleh para ahli besar di dunia.

3. Menurunkan resiko diabetes

Dengan mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dasari oleh kandungan asam klorogenik di dalam kopi yang berfungsi sebagai penyerap kadar gula pada sistem penceranaan tubuh, zat ini juga berfungsi membantu proses pembentukan GLP-1 yang berfungsi meningkatkan insulin dalam tubuh.

4. Mencegah penyakit jantung dan strok

Mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir secara rutin dalam seetiap hari tenyata dapat mencagah penyakit jantung dan strok. Menurut study yang telah dilakukan kepada 83.000 wanita diseluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir terkena penyakit strok hingga 19%

5. Melindungi hati dari sirosis

Kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis, terutama serangan sirosis yang disebabkan kecanduan minuman keras.
Kopi selain bermanfaat seperti yang telah saya sebutkan diatas, kopi juga memiki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, lalu apasaja dampak buruk kopi terhadap kesehatan tubuh.

BAHAYA MINUM KOPI

1. Meningkatkan asam lambung

Jika orang menimun kopi dengan dosis yang berlebihan, orang tersebut akan sering mengalami kegelisahan, selain itu kadar keasaman kopi dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh kita.

2. Tekanan darah

Kafein dalam kopi juga dapat berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung yang memicu mengingkatnya tekanan darah

3. Kafein bisa membunuhmu

Kafein dalam dosis yang berlebihan tidak baik dalam tubuh kita hal ini juga bisa menyebabkan kematian, jika anda penggemar kopi baiknya juga diimbangi dengan banyak minum air putih.

4. Menyebabkan insomia atau penyakit susah tidur

Semua orang juga tahu, kopi dapat mengusir rasa ngantuk, namun jika kalian sering mengkonsumsi kopi, kalian juga akan kesulitan dalam tidur, karena anda tidak lagi memiliki rasa ngantuk.

5. Membuat gigi menjadi hitam

Terlalu sering mengkonsumsi kopi juga tidak baik untuk gigi, kalian lihat saja para orang tua yang setiap hari meminum kopi, gigi mereka terlihat hitam atau kuning, tentu kalian tak maukan mempunyai gigi hitam atau kuning seperti mereka.

Ternyata manfaat minum kopi untuk kesehatan sangat banyak terutama untuk menjaga kesehatan dari kepikunan dan penyakit alzheimer, minum kopi baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi secukupnya saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

SEHAT » »