Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / SEHAT / Makan Minum Cocok Untuk Berbuka Puasa dan Sahur

Makan Minum Cocok Untuk Berbuka Puasa dan Sahur


#OmTeloletOm

Minuman Makanan Berbuka Puasa dan Sahur – Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, menjalani puasa Ramadan selama 30 hari penuh tentu menjadi tantangan tersendiri. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu saat berbuka ingin menyantap makanan lezat dan menggugah selera.

Disini masih banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Maka kita harus selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh pada saat berpuasa, sehingga puasa menjadi lancar. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang hanya asal-asalan atau enak tapi tidak bergizi sama sekali tak lain malah membuat kondisi tubuh menurun.

Imbasnya bila anda makan makanan yang tidak membantu menjaga kondisi tubuh Anda maka bisa saja Anda malah terkena beberapa penyakit seperti maag, kurang vitamin dan sakit kepala. Makanan dan minuman adalah elemen penting untuk kesehatan, untuk itu harus makan dan minum yang sehat. Terutama pada saat sahur dan berbuka puasa, harus mengutamakan makanan yang sehat agar kondisi badan tetap terjaga kesehatannya.

makanan berbuka puasa

Selama menjalankan ibadah puasa memang sangat dianjurkan sekali untuk selalu rutin mengonsumsi makanan di bawah ini dikutip dari vemale.com agar kesehatan tetap terjaga. Makanan di bawah ini tidak sulit didapatkan dan bisa dikombinasikan dengan makanan lain favorit Anda untuk berbuka puasa dan sahur.

1. Beras Merah
Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang tinggi di bandingkan dengan beras putih. Pada saat berbuka puasa bisa mengganti nasi putih dengan beras merah. Selain itu, nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Mengonsumsi nasi merah membuat kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula.

2. Sayur-sayuran
Sayuran berdaun hijau dibutuhkan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Bayam, selada, kubis, brokoli sangat bagus untuk kesehatan, karena banyak mengandung serat. Selain itu kandungan alkalinnya juga sangat tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan.

3. Buah-buahan
Hidangan penutup dengan buah akan sangat baik, karena buah dapat membantu proses pencernaan pada saat anda berbuka puasa. Apel, Peer, Anggur, Jeruk, sangat bagus dijadikan untuk hidangan penutup berbuka puasa anda. Spesial untuk Kurma, karena buah yang satu ini sering dijumpai hanya pada saat bulan puasa. Untuk kurma sendiri memiliki kandungan kalium yang tinggi serta memiliki zat yang membuat terasa cepat kenyang, sehingga tidak perlu khawatir untuk makan yang berlebihan.

4. Biji-bijian
Biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan protein nabati. Biasanya biji-bijian dinikmati sebagai cemilan pada saat malam hari setelah berbuka puasa. Kacang tanah, kacang mete, biji bunga matahari, biji labu mudah untuk dicerna dalam tubuh. Makanan ini juga bagus dinikmati pada saat berbuka puasa sebelum menyantap nasi.

5. Sereal gandum
Sereal gandum banyak memiliki kandungan protein, selain itu kandungan lainnya seperti magnesium, kalium, zinc, zat besi sangat bagus untuk kebugaran tubuh. Sereal gandum sangat cocok untuk berbuka puasa setelah seharian menahan makan.

6. Ikan
Protein hewani yang terkandung dalam ikan sangat mempunyai peranan penting bagi kesehatan otak, dan jantung. Ikan memiliki kandungan Omega 3, Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexanoic Acid (DHA) yang sangat tinggi. Selain itu ikan memiliki zat anti oksidan yang sangat bagus untuk tubuh, sehingga ikan sangat cocok disajikan pada saat berbuka puasa.

7. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan dianjurkan menjadi menu sayur untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya.

MINUMAN UNTUK BERBUKA PUASA

– Juice
– Es Campur
– Es Buah
– Sirop
– Teh
– Es Kelapa Muda
– dsb.

Makanan dan Minuman diatas bisa dikombinasikan dengan menu favorit anda dirumah, jadi terus konsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan agar puasa anda berjalan dengan lancar.

menu makanan untuk berbuka puasa, minuman berbuka puasa, resep makanan untuk berbuka puasa, menu pembuka puasa, makanan untuk berbuka puasa dan sahur, makanan berbuka puasa untuk diet, menu berbuka puasa, resep minuman berbuka puasa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

SEHAT » »