HOME / TIPS / Tips Mudah Mengupas Kulit Kacang Hijau

Tips Mudah Mengupas Kulit Kacang Hijau

Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau – Kacang hijau kaya akan kandungan Vitamin dan Mineral. Kacang hijau dapat Anda temui hampir di semua masyarakat kita sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat, bahkan dijadikan untuk berbagai macam minuman hangat atau es kacang hijau yang enak.

Manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah sebagai sumber protein, karbohidrat komplek dan vitamin B. Kacang hijau juga dapat menurunkan kolesterol karena kaya serat. Studi menunjukkan bahwa serat yang tinggi mencegah gula darah naik terlalu cepat setelah makan, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus. Seratnya juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

gambar kacang hijau

Berbagai makanan seperti onde-onde, kolak, bubur dapat dibuat dari kacang hijau. Yang lebih istimewa, kacang hijau dapat dijadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa disebut tepung hunkwe. Tepung hunkwe digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun.

Namun untuk beberapa jenis olahan makanan dari kacang hijau, membutuhkan kacang hijau tanpa kulit atau yang sudah terkelupas. Untuk mengupas kulit kacang hijau sangat mudah sekali, Berikut langkah untuk mengupas kulit kacang hijau :

Caranya:

1. Rendam kacang hijau di dalam air sampai seluruh biji kacang hijau terendam banyak air, kalau airnya terlalu sedikit nanti kacang hijaunya bisa berkecambah, wadah rendaman biarkan terbuka.

2. Rendam minimal 24 jam maksimal 48 jam, usahakan air rendamannya diganti setiap 6 jam dan pakai air matang untuk rendaman lebih bagus, tapi air mentah juga nggak masalah asal bersih sehingga rendaman tidak cepat berbau.

3. Setelah siap kupas ditandai dengan adanya kulit kacang hijau yang mengapung, tinggal buang aja air rendaman perlahan sehingga kulit kacang hijau yang mengapung ikut terbuang dengan air sedangkan kacang hijau yang sudah terkelupas tidak ikut terseret arus.

gambar kacang hijau

Ada cara cepat mengupas kulit kacang hijau simak dibawah ini:
1. Isi kembali bowl dengan air, saran saja lebih mudah langsung dilakukan di bawah air keran yang mengucur.
2. Lalu remas-remas kacang hijau sehingga kulit arinya pada terlepas, setelah itu buang airnya lagi (kalau mau diambil kulit kacang hijaunya bisa dibuang airnya di atas saringan sehingga kulit ari kacang hijau nyangkut di saringan).
3. Lakukan berulang sampai kulit kacang hijau terkelupas.

NOTE
Apabila masih ada kulit kacang hijau yang membandel atau sulit untuk lepas, sebenarnya sudah mau lepas tapi hanya pecah atau masih menyisakan sedikit kulit dikacang hijau, bisa anda lakukan manual mengunakan jari.
INFORMASI – mesin pengupas kacang hijau, mengupas kulit kacang hijau, cara mengupas kulit ari kacang hijau, tips cara mengupas kulit kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, kedelai basah, kacang hijau kupas kulit,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


TIPS » » »

Incoming search terms: