HOME / ISLAMI / Bulan Suci Ramadhan – Amalan, Keutamaan, Hikmah

Bulan Suci Ramadhan – Amalan, Keutamaan, Hikmah

Ramadhan – Hikmah, Keutamaan, Amalan Puasa – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat islam karena banyak keutamaan dan hikmah didalamnya. Bulan Ramadhan disebut sebagai panen amal ibadah, dikarenakan bulan ini merupakan waktu dimana berbagai amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya jauh melebihi waktu-waktu diluar bulan Ramadhan.

Selain melaksanakan ibadah puasa, kita sebagai umat muslim yang beriman sudah selayaknya untuk mengetahui beberapa amalan yang dianjurkan di bulan suci ramadhan. Agar kedepannya benar-benar memiliki persiapan yang cukup, Sehingga tidak sampai menyiakan kesempatan yang ada, Bahkan hal ini juga bisa menjadi jalan untuk menggapai ridho dari Allah SWT. Tentunya di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini.

Beberapa amalan tersebut pada dasarnya memang bukan suatu hal yang wajib, Namun anjuran Rasulullah SAW agar seluruh umat islam bisa menjalankan amalan tersebut. Sebab hal demikian menjadi kesempatan bagus untuk menyempurnakan pahala dan keimanan anda. Oleh sebab itu sebaiknya Kita tidak melewatkan Bulan penuh berkah ini tanpa meningkatkan amal ibadah Kita.

Diantara berbagai amalan di bulan Ramadhan ini, ada beberapa diantaranya yang penting serta sangat sayang jika Anda lewatkan. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan Nasai).

#DAFTAR ISI RAMADHAN

DP BBM SAHUR
UCAPAN SMS SAHUR
UCAPAN IDUL FITRI
NIAT PUASA RAMADHAN
DOA BERBUKA PUASA
PENETAPAN AWAL RAMADHAN
HIKMAH DAN AMALAN PUASA
KEUTAMAAN PUASA RAMADHAN
JADWAL IMSAKIYAH

amalan puasa, hikmah puasa,gambar ramadhan
AMALAN AMALAN IBADAH BULAN SUCI RAMADHAN

1. Memperbanyak Sedekah
Memperbanyak sedekah memang salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Dimana menyedekahkan sebagian harta yang anda miliki memang suatu hal yang mulia. Karena dengan demikian, Rizki yang anda sedekahkan di bulan suci ramadhan, Mendapat balasan yang berlipat ganda di sisi Allah SWT. Dengan tanda kutip, Pemberian disertai niat yang tulus dan ikhlas. Dan anjuran Rasulullah SAW agar umat muslim memperbanyak sedekah terutama di bulan suci ramadhan, Berdasarkan sabda beliau yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

2. Memperbanyak I’tikaf
Dengan cara beri’tikaf atau menurut istilah syar’i adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT, Memang amalan yang dianjurkan di bulan suci ramadhan. Tentunya hal demikian bisa menjadikan anda terhindar dari perkara maksiat dan meningkatkan keimanan anda. Sehingga aktifitas yang anda kerjakan di bulan suci ramadhan tidaklah sia-sia. Anjuran tersebut berdasarkan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

3. Shalat Tarawih (Qiyamul Ramadhan)
Sholat tarawih memang suatu ibadah sunnah yang kebanyakan orang muslim menjalankannya, Namun mendirikan sholat tarawih dengan berjamaah adalah salah satu anjuran rasulullah SAW kepada seluruh umat muslim. Yang mana anjuran tersebut berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

4. Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, Yang mana malam mulia ini berdasarkan pendapat yang paling kuat, Terdapat pada 10 malam yang terakhir di bulan Ramadhan, Tepatnya pada malam ganjil. Dan pada malam-malam tersebut alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti I’tikaf, memperbanyak do’a, mengerjakan sholat malam dan amalan lainnya.

5. Membaca Al-Qur’an
Melakukan tadarus Al Qur’an juga merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, apalagi amalan tersebut dijalankan saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu memperbanyak bacaan Al Quran di bulan ramadhan juga merupakan kegiatan yang sangat mulia, Dan isilah waktu luang anda dengan memperbanyak bacaan Al Quran. Sehingga di bulan yang penuh berkah tersebut, Dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan anda.

6. Memperbanyak Istighfar
Meminta pengampuanan pada malam akhir Ramadhan juga salah satu amalan yang sangat penting. Karena pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba Allah SWT yang meminta pengampunanNya. Hal demikian sesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar.

7. Bersegera Berbuka Puasa
Sahabat tentu ingin segera minum dan makan ketika adzan maghrib terdengar, dan tahukah Anda bahwa bersegera dalam buka puasa ramadhan merupakah amalan sunnah yang disukai oleh Allah SWT.

8. Melaksanakan Makan Sahur
Jangan sampai sahabat menyepelekan makan sahur di akhir waktu atau menjelang imsak karena di sanalah terdapat keberhakan sebagaimana sabda nabi Saw : “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (Hadist Riwayat imam Bukhari dan imam Muslim)

9. Melaksanakan Ibadah Umrah
Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah. Yang mana ibadah umroh di bulan Ramadhan, Pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji. Sehingga ada baiknya jika anda melakukan ibadah umroh saat bulan suci Ramadhan tiba.

Demikianlah beberapa ibadah penting yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

KEUTAMAAN PADA BULAN SUCI RAMADHAN
Diantara berbagai amalan di bulan Ramadhan terdapat juga keutamaan-keutamaan yang terdapat pada bulan suci Ramadhan ini di antaranya sebagai berikut:

1. Bulan diturunkannya Al-Quran
2. Bulan Pengampunan Dosa
3. Bulan Dilipatgandakanya Amal Sholeh
4. Dibuka Pintu Surga, Ditutup Pintu Neraka
5. Bulan Penuh Berkah, Rahmat, Dan Mustajabnya Doa
6. Bulan Kegembiraan

HIKMAH IBADAH DI BULAN SUCI RAMADHAN
Hikmah berpuasa pada bulan ramadhan tentunya berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita jalani. Amalan puasa Ramadhan sendiri bukanlah hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menjalankan amalan ibadah Ramadhan lainnya.

Ada beberapa Hikmah yang bisa kita peroleh dari bulan suci Ramadhan ini di antaranya sebagai berikut:

1. Melatih Disiplin Waktu
2. Keseimbangan dalam Hidup
3. Mempererat Silaturahmi
4. Lebih Perduli Pada Sesama
5. Tahu Bahwa Ibadah Memiliki Tujuan
6. Tiap Kegiatan Mulia Merupakan Ibadah
7. Berhati-hati Dalam Berbuat
8. Berlatih Lebih Tabah
9. Melatih Hidup Sederhana
10. Melatih Untuk Bersyukur

Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat taufik dari Allah SWT untuk mengamalkannya, dan mendapatkan kebaikan serta keberkahan di bulan Ramadhan ini.

INFORMASI – keistimewaan bulan ramadhan, kata kata hikmah bulan ramadhan, agar ramadhan tahun ini berharga, hikmah bulan suci ramadhan, pengajian ramadhan allah, hikmah bulan puasa, hikmah bulan ramadhan 2015 2016, hikmah bulan ramadhan beserta hadisnya, keutamaan bulan ramadhan, pengertian bulan ramadhan, artikel bulan ramadhan, gambar bulan ramadhan, makna bulan ramadhan, pengajian puasa, hikmah puasa sunnah, bulan rajab, hikmah puasa bagi kesehatan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ISLAMI » » » » » »