HOME / SEHAT, TIPS / Cara Hitung Usia Kehamilan Akurat

Cara Hitung Usia Kehamilan Akurat

Tips Cara Hitung Usia Kehamilan Akurat – Usia kehamilan merupakan masa penting yang wajib diketahui oleh ibu hamil untuk mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan kehamilan terutama dalam persalilan. Biasanya, ibu hamil mengetahui usia kehamilannya dari dokter kandungan atau bidan tempat ia memeriksakan kandungannya.

Dengan mengetahui usia kehamilan pastinya dapat memantau tumbuh kembang anak di dalam kandungan serta mengetahui pertumbuhan organ apa yang sedang terjadi pada janin dan juga kita akan mengetahui kebutuhan apa yang sedang diperlukan oleh janin saat ini. Cara medis untuk mengetahui usia kehamilan yang paling akurat adalah dengan melakukan Ultrasonografi (USG), dimana tingkat keakuratannya mencapai 95%.

Akan tetapi, cara ini tidak dilakukan oleh semua ibu hamil karena biayanya yang cukup mahal. Jangan khawatir sebetulnya untuk menghitung usia kehamilan bisa dilakukan sendiri, namun kadang terdapat perbedaan perhitungan usia kehamilan antara penghitungan yang dilakukan dengan dokter maupun bidan.

Kenapa bisa berbeda? biasanya para dokter ataupun bidan mulai menghitung usia kehamilan dari hpmt nya (HMPT: Hari Pertama Menstruasinya Terakhir), meskipun sebenarnya wanita tersebut belum hamil pada saat itu.

cara menghitung kehamilan

Penghitungan usia kehamilan sejak hari pertama menstruasi berakhir ini dilakukan karena biasanya seorang wanita tidak tahu persis kapan terjadi ovulasi, tetapi kebanyakan mereka tahu kapan waktu mestruasinya berakhir. Berikut 3 metode cara menghitung usia kehamilan:

CARA HITUNG USIA KEHAMILAN METODE NEAGLE

HPHT adalah cara menghitung usia kehamilan dengan menggunakan perhitungan siklus haid, yang perhitungannya berdasarkan tanggal dan bulan terakhir kalinya haid. Caranya dengan menggunakan rumus Neagle, yaitu:

Tanggal terakhir haid ditambah (+) 7, kemudian bulan terakhir haid dikurangi (-) 3, lalu tahun ditambah (+) 1. Misalnya haid terakhir adalah tanggal 3-9-2013, bisa diketahui waktu persalinan adalah dengan cara:

3 + 7, 9 – 3, 2013 + 1

Maka perdiksi kelahiran bayi adalah tanggal 10-6-2014.

Jika Anda menggunakan cara HPHT, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Rumus Neagle hanya bisa digunakan bagi yang memiliki siklus haid yang normal selama 28 sampai 30 hari.
Jika mengalami siklus haid yang sebentar atau kurang dari normal, maka perhitungannya dikurangi dua hari. Sedangkan jika siklus haidnya lebih dari siklus normal maka proses persalinanya akan mundur sebanyak 12 hari.

CARA HITUNG USIA KEHAMILAN METODE JARI TANGAN

Apabila lupa HPHT yang cukup akurat anda bisa menggunakan metode ini. Akan tetapi, metode ini hanya diberlakukan pada ibu hamil yang memiliki berat badan yang ideal. Caranya sangat mudah, di antara perut dan puncak rahim letakkanlah dua jari. Pedoman penghitungannya adalah setiap ada penambahan dua jari berarti usia kehamilan Anda bertambah 2 minggu.

CARA HITUNG USIA KEHAMILAN METODE USG

Pada metode ini dipercaya lebih akurat untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan hari lahir adalah dengan melakukan USG, atau Ultrasonografi. Anda bisa menggunakan cara menghitung usia kehamilan yang lebih akurat yaitu dengan melakukan tes Ultrasonografi (USG) di rumah sakit atau di klinik dokter spesialis kandungan.

Cara kerja tes USG dengan menggunakan gelombang yang memiliki frekuensi tinggi melalui dinding rahim. Gelombang tersebut menghasilkan pantulan gema yang kemudian terkoneksi dengan komputer berupa gambaran janin. Dengan mengetahui panjang janin, ukuran jantung, tengkorang, dan organ tubuh lainnya maka bisa diketahui usia kehamilan.

Sebaiknya USG dilakukan setelah usia kehamilan 7 minggu, sedangkan untuk mengetahui jenis kelamin janin, waktu USG yang tepat adalah pada usia kehamilan 18 sampai 22 minggu.

Anda bisa pilih beberapa metode diatas untuk mengetahui usia kehamilan tanpa harus ke dokter atau bidan. Mengenai perkiraan tanggal persalinan Anda perlu memberikan waktu tenggang karena bisa jadi lebih cepat atau lebih lama dari tanggal yang diperkirakan meskipun tenggangnya pasti tidak terlalu lama.

INFORMASI – cara menghitung usia kehamilan dalam minggu, tips menghitung usia kehamilan online, cara menghitung usia kehamilan jika lupa hpht, menghitung awal kehamilan, usia kehamilan menurut islam, cara menghitung kelahiran bayi, aplikasi penghitung kehamilan android, kalkulator kehamilan, rumus menghitung usia kehamilan, konsultasi kehamilan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


SEHAT » TIPS » » » » »

Incoming search terms: