HOME / TIPS / Merubah Blogspot ke Domain Web ID atau Domain Indonesia

Merubah Blogspot ke Domain Web ID atau Domain Indonesia

Cara Setting Domain Blogspot Ke Domain WEB ID – Sudah membeli domain dan domain name tersebut telah aktif saatnya kita untuk mengaktifkannya diblogger. Karena saya sendiri menggunakan blogger sebagai tempat memposting artikel. Untuk mengcostum blogspot ke domain indonesia memang tergolong sedikit ribet ketimbang domain lain.

Apasih pengertian dari domain itu sendiri? mungkin sobat sudah mengetahuinya domain ialah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server.

Selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “pustaka.web.id”. Nama domain bisa disebut juga dengan URL atau alamat website.

sbmptn 2015
Tidak semua penyelenggara domain registration fasilitas DNS Management untuk memanage domain yang sudah dibeli, namun bukan berarti domain ini tidak bisa dimanage, dalamhalini anda bisa menggunakan jasa pihak ke-dua, disini saya merekomendasikan http://freedns.afraid.org/ untuk melakukan pengaturan redirected domain anda. Berikut ini cara melakukan konfigurasi redirected domain di Afraid FreeDNS.

  • Pertama tama silahkan anda registrasi di https://freedns.afraid.org/signup/
  • Kemudian silahkan login ke Afraid FreeDNS setelah account Anda aktif
  • Lalu Klik menu Domain pada sidebar sebelah kiri kemudian klik link Add a domain into FreeDNS
  • Selanjutnya silahkan masukkan nama domain Anda tanpa www seperti gambar di bawah ini dan catat DNS Server Name atau IP Address dari Afraid FreeDNS (untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah) :

cara merubah domain

  • Langkah selajutnya adalah anda kembali ke situs tempat anda membeli domain, lalu masukan ke-empat DNS Server Name atau IP Address dari Afraid FreeDNS melalui panel DNS Management. Silahkan perhatikan gambar dibawah:

cara merubah domain

  • Setelah itu login ke blogger dengan Account Anda
  • Pada halaman dashboard blog anda silahkan klik menu Settings > Basic pada bagian Publishing klik link +Add a cutom domain, kemudian klik lagi link Switch to advanced settings, masukkan nama domain anda dengan menggunakan www , lalu klik tombol Save. (Perhatikan gambar di bawah)
  • Anda akan menemukan Error, lalu silahkan catat Kode Register serta CNAME yang diberikan oleh blogger untuk nantinya dimasukkan ke seting domain di Afraid FreeDNS. (Perhatikan gambar dibawah)

cara merubah domain

  • Lalu login kembali ke situs Afraid FreeDNS, silahkan klik menu Domain (ada pada sidebar sebelah kiri), kemudian klik link Manage (perhatikan gambar dibawah)

cara merubah domain

  • Setelah itu akan ada 6 Subdomains yang belum di konfigurasi. Anda harus klik salah satu link Subdomains, lalu edit, pada bagian Type pilih CNAME, di bagian Subdomain masukkan www dan pada bagian destination masukkan ghs.google.com kemudian klik tombol Save. (perhatikan gambar di bawah)
  • Kemudian ulangi cara tersebut untuk Subdomain yang berikutnya, pada bagianType pilih CNAME, di bagian Subdomain masukkan 7lp5****** (ini adalah kode yang diperoleh dari blogger) dan pada bagian destination masukkan (kode dari google selanjutnya) g****.domainverify.googlehosted.com, kemudian klik tombol Save.
  • Langkah berikutnya adalah edit 4 (empat) Subdomain yang tersisa, masing-masing pada bagian Type pilih A, untuk bagian Subdomain dikosongkan saja sedangkan di bagian Destination masukkan IP Addres berikut 216.239.32.21, lakukan hal yang sama untuk IP 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan IP 216.239.38.21. (contoh pada gambar di bawah)

cara merubah domain

  • Langkah terakhir silahkan kembali ke halaman dashboard blogger anda dan klik tombol Save pada pengaturan Blog anda. Jika anda melakukan langkah – langkah di atas denngan benar maka pastinya  anda akan berhasil mencustom blogspot anda ke domain TLD.

Demikian tutorial hari ini smeoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin merubah domain free deri blogspot ke domain indonesia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TIPS » »