HOME / TECHNO / Perbedaan Kartu SD, SDHC, SDXC

Perbedaan Kartu SD, SDHC, SDXC

Perbedaan Kartu SD, SDHC, SDXC – Perkembangannya sudah banyak kartu memori untuk kamera digital yang beredar di pasaran saai ini. Ada 3 jenis varian atau kelompok yang bakal anda temui yaitu kartu memori dengan kode SD, SDHC, dan SDXC. Lalu apa perbedaan dari ketiganya itu?

SD, SDHC, SDXC kartu memori tersebut merupakan varian dari format SD (Secure Digital). SD Association melepas ketiga kartu memori tersebut dengan urutan seperti itu. Kenapa? Alasannya tak lain kebutuhan perangkat penyimpanan yang besar semakin tinggi.

SD Card Association diperkenalkan pertama kali di Consumer Electronics Show (CES) pada tahun 2000. Enam tahun setelah itu, SD Association memperkenalkan MicroSD card (sebelumnya TransFlash) dan sekaligus memperkenalkan generasi baru yaitu,

sd, sdhc, sdxc

1. Secure Digital High-Capacity (SDHC).
2. Secure Digital eXtended-Capacity sendiri diperkenalkan pada CES tahun 2009.

Kartu memori SD juga mengalami peningkatan dalam kapasitas simpan. Selanjutnya, SD Association meluncurkan SDHC, yakni singkatan dari SD High Capacity. Sedangkan SDXC adalah kependekan dari SD Xtended Capacity.

Bila di tinjau dari segi kapasitas kartu memori SDHC biasanya memiliki kapasitas yang bervariasi mulai dari 4GB hingga 32GB. Adapun SDXC memiliki kapasitas lebih dari 32GB dengan maksimal 2TB. Sudah jelas bukan bahwa SDXC atau kepanjangan dari SD Xtended Capacity memiliki kapasitas yang lebih mantap.

Secara umum ketiga kartu memori tersebut memiliki kesamaan. Jadi bila kamera Anda mendukung kartu SDHC, maka ia juga akan mendukung kartu SD dan SDHC. Kartu memori juga memiliki tingkat kecepatan berbeda. Kodenya adalah 2, 4, 6, 10, dan seterusnya. Kode 10 saat ini adalah yang tercepat untuk menulis dan membaca.

Sementara itu, MMC atau MultiMedia Cards secara fisik mirip dengan kartu SD. Sebenarnya kartu tersebut adalah versi lama kartu SD. Jika Anda perhatikan dengan seksama, Anda akan melihat bahwa di kartu memori MMC tak ada kunci pengaman seperti pada kartu SD.

Fungsi kuncinya untuk apa? Kunci tersebut berfungsi sebagai pengaman agar data yang tersimpan di kartu memori tersebut tidak akan tertipa atau terhapus. Kebanyakan dari kamera digital yang mendukung kartu memori SD juga bisa menggunakan kartu memori MMC.

INFORMASI – micro sd sdhc sdxc, sd card sdhc sdxc, sd or sdhc or sdxc, unterschied sd sdhc sdxc, sd sdhc sdxc, perbedaan memory

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TECHNO »