HOME / NEWS / Tempat Wisata Jajanan Kuliner Daerah Serang Banten

Tempat Wisata Jajanan Kuliner Daerah Serang Banten

Wisata Kuliner Daerah Serang – Jajanan khas setiap daerah memang punya ciri tersendiri salah satunya daerah serang yang memeiliki beberapa Wisata Kuliner. Kota Serang merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Banten, Indonesia.

Perlu diketahui juga kota serang merupakan ibu kota Provinsi Banten. Dimana letak kota serang? Serang merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Banten yang letaknya berbatasan dengan Tangerang dan Cilegon. Serang berada tepat di sebelah Utara Provinsi Banten.

Banyak jajanan khas disana bahkan tak jarang penikmat kuliner juga turut ikut andil dalam hal santap kuliner di kota Serang.

kuliner serang

SOP DUREN

Beribicara sop duren daerang serang memang memiliki jajanan sop duren yang selalu ramai, rasanya unik bertabur keju diatasnya harga bervariasi hanya Rp 9000 per gelas seukuran teh poci atau minuman lain. Harus nyobain kalo main ke daerah serang.

Tempatnya tidak pernah sepi selalu ramai karna memang seperti cafe banyak anak muda nongkrong, juga pas banget buat Anda yang ingin mengajak pacar atau kekasihnya ngobrol sambil santap Sop Duren ini. Uniknya belinya menggunakan nomor antrian.

Lokasi Sop Duren ini patokannya di perempatan warung pojok. Lurus aja ke arah Cipocok. Cafenya ada sebelum Komplek Permata. Pas banget kok tikungan dan rame banget, jadi mudah ditemukan.

SATE BANDENG

Ada ciri khas tersendiri dari masakan kuliner daerah banten penyajiannya juga tergolong unik. Dimana semuanya dalam bentuk sate. Selain satu bebek, ada satu kuliner lagi yang menjadi andalan khas Banten yaitu Sate Bandeng. Konon, masakan ini merupakan ide dari Sultan Banten pada abad ke-16 yang ingin menyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Olahan ini juga menghilangkan rasa asli ikan bandeng dan tergantikan oleh bumbu-bumbu gurih.

Salah satu pengusaha sate bandeng yang sudah cukup terkenal adalah Sate Bandeng Ibu Aliyah yang terletak di Kaujon, Serang Banten. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate Bandeng adalah 25 ribu. Harga yang cukup mahal memang, tapi sate bandeng ibu Aliyah ini adalah yang paling enak.

Sate bandeng bisa disantap dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya. Hingga saat ini, menu masakan ini masih tetap digemari oleh masyarakat Banten. Hal ini terlihat pada banyaknya warga Banten yang masih menyajikan sate Bandeng pada acara perayaan hari-hari besar, upacara pernikahan, maupun acara hajatan lainnya.

NASI SUMSUM KHAS SERANG

Jika berkunjung ke Serang, Banten, jangan lupa mencicipi nasi sumsum. Nasi bercampur sumsum tulang kerbau ini merupakan makanan Banten. Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih dijual di beberapa rumah makan di Serang.

Para penjual awalnya menyiapkan bahan-bahan nasi sumsum di rumah seperti sumsum tulang kerbau. Sedangkan nasi dimasak secara terpisah. Adapun bumbu yang akan menentukan rasa nasi sumsum ditumbuk. Setelah itu, bumbu dicampurkan dengan nasi dan sumsum tulang kerbau. Campuran nasi dan sumsum yang telah diberi bumbu kemudian dibungkus daun. Bungkusan nasi sumsum selanjutnya dibakar di tempat berjualan. Nasi sumsum biasanya dihidangkan bersama sate lidah kerbau dalam keadaan hangat.

NASI UDUK EMPAL DAGING

Jika kalian berkeliling Banten pada malam hari, coba perhatikan warung-warung atau tenda makan di pinggir jalan yang menawarkan nasi uduk empal daging. Makanan khas banten yang satu ini sangat cocok dinikmati pada malam hari, apalagi jika ditambah segelas teh atau kopi hangat pastinya akan mekin menggugah selera makan kita.

RABEG KHAS SERANG

Bagi kalian pecinta makanan pedas, menu makanan Banten yang satu ini wajib kalian coba. Makanan yang terbuat dari daging dan jeroan kambing ni bisa membuat para penikmatnya bercucuran keringan ketika memakannya. Rasa lada dan rempah-rempah yang sangat mencolok, menambah nikmat makanan rabeg ini.

Memang agak sulit sekarang mencari menu makanan khas banten ini, tapi jika kalian cukup jeli. Hanya cukup mencari warung atau tempat makan yang bertulisakan Rabeg atau warung makanan khas Sunda – Banten seperti di daerah Lopang, dekat Pasar Lama, Serang.

PECAK BANDENG

Pecak bandeng diolah dengan cara membakar bandeng segar. Yang istimewa dari pecak bandeng adalah sambal yang dicampur langsung dengan ikan bandeng yang telah dibakar. Tidak hanya warga dari Serang, warga dari luar Banten juga memburu makanan itu terutama di akhir pekan.

INFORMASI – sate bandeng, kuliner serang, nasi uduk empal daging, rabeng daerah serang, harga sop duren serang, sop duren serang banten, cara membuat sop duren, sop duren lodaya cilandak, sop duren lodaya depok, sop duren cianjur, cara membuat sop duren ketan, sop duren daerah tangerang, sop duren addict

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


NEWS » » »

Incoming search terms: