HOME / UMUM / Tips Mudah Tentukan Nilai Rata Rata atau Mean

Tips Mudah Tentukan Nilai Rata Rata atau Mean

Cara Menghiting Rata Rata atau Mean – Sudah tau cara menghitung rata-rata bilangan? Pengertian dari Rata-rata atau Mean ialah ukuran statistik kecenderungan terpusat yang paling sering digunakan.

Rata-rata ada beberapa macam apa saja? pertama rata-rata hitung (aritmatik), kedua rata-rata geometrik, ketiga rata-rata harmonik dan sebagainya. Apabila hanya di sebut dengan rata-rata hitung maka yang dimaksud ialah  rata-rata hitung (aritmatik).

CARA PENGHITUNGAN MEAN

Dalam perhitungan mean tergolong mudah sekali kita hanya tinggal melakukan penghitungan rata-rata dengan menjumlahkan seluruh nilai data suatu kelompok sampel, kemudian dibagi dengan jumlah sampel tersebut.

menghiting mean

Jadi jika suatu kelompok sampel acak dengan jumlah sampel n, maka bisa dihitung rata-rata dari sampel tersebut dengan rumus sebagai berikut.

Bila dinotasikan dengan notasi sigma, rumus di atas menjadi:

Keterangan:
 = rata-rata hitung
xi = nilai sampel ke-i
n = jumlah sampel

CONTOH PENGHITUNGAN MEAN

Sebagai contoh simple misal kita ingin mengetahui rata-rata tinggi badan siswa dalam suatu kelas. Bisa kita ambil 10 siswa untuk sample untuk selanjutnya diukur tinggi badannya. Dari hasil pengukuran diperoleh data tinggi badan kesepuluh siswa tersebut dalam ukuran sentimeter (cm) sebagai berikut.

172, 167, 180, 170, 169, 160, 175, 165, 173, 170

DARI DATA DI ATAS dapat dihitung rata-rata dengan menggunakan rumus rata-rata :

sehingga,

DARI HASIL PENGHITUNGAN, dapat kita ambil kesimpulan bahwa rata-rata tinggi badan siswa di kelas tersebut adalah 170,1 cm dibulatkan 170cm.

INFORMASI – menghitung rata rata data tunggal, menghitung rata rata data kelompok, menghitung rata rata berat badan siswa, menghitung rata rata histogram, menghitung rata rata gabungan, menghitung rata rata ukur, menghitung rata rata excel, menghitung rata rata tertimbang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

UMUM » »