Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / NEWS, TECHNO / Robot Cantik dan Seksi Mirip Manusia Ahli Bahasa Isyarat

Robot Cantik dan Seksi Mirip Manusia Ahli Bahasa Isyarat


#OmTeloletOm

Zaman sudah semakin pesat, pertumbuhan teknologi semakin canggih, salah satu teknologinya yaitu pembuatan robot yang semakin mirip bahkan tidak bisa dibedakan dengan manusia. Banyak keunggulan dari penemuan robot sebelumnya.

Pertanyaannya negara mana yang membuat? jawabannya adalah Jepang. Negeri sakura ini memang rajanya produsen robot dunia. Toshiba yang merupakan raksasa elektronik disana yang baru saja meriklis Aiko Chihira. Namanya seperti seorang perempuan. Namun, ia bukanlah perempuan sungguhan, melainkan sebuah robot.

Sosok Aiko Chihira itu mirip sekali seperti manusia dengan rambutnya yang anggun dan wajah yang cantik, robot humanoid yang dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Robot tersebut disebut “android komunikasi” yang dikembangkan Toshiba Communication Android.

Dengan nada dan gaya bicara seperti manusia, Chihira menjelaskan siapa dirinya dan untuk apa dia dibuat. Pada suatu saat nanti, mungkin Chihira atau ‘makhluk’ sejenisnya bakal menjadi presenter berita, pemandu sorak, atau bahkan psikiater. Wah keren banget!

robot cantik

Selain itu kelebihannya ada lagi, ternyata tidak sekedar bicara. Chihira juga bisa mengubah mimik wajahnya. Hal itu dimungkinkan dengan adanya 43 alat penggerak di wajahnya sebagai hasil dari riset yang dilakukan Toshiba.

Terlepas itu semua, yang menjadi tujuan akhir dari Toshiba adalah robot ini dapat melayani dan menemani para manula dan orang dengan penyakit demensia (pikun), berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, dan memperbolehkan pekerja kesehatan atau keluarga untuk mengawasi manula.

Menurut inet.detik.com dalam pengembangan, Toshiba tidak sendirian. Toshiba berkolaborasi dengan Universitas Osaka, yang mana sejak lama telah melakukan pengembangan robot humanoid. Universitas mensuplai Toshiba dengan teknologi untuk membuat robot yang mirip dengan manusia.

Selain Universitas Osaka, Institut Tekonologi Shibaura dan Shonan pun turut berkontribusi dalam hal teknologi pengajaran gerakan berbasis sensor dan teknologi pengendalian robot.

Sementara itu, Toshiba bertugas membuat alogaritma yang mengontrol dan mengkoordinasi aktuator robot.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

NEWS » TECHNO » » » » » »