Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / NEWS, UNIK / Indonesia Mengalami Gerhana Matahari Total, 9 Maret 2016

Indonesia Mengalami Gerhana Matahari Total, 9 Maret 2016


#OmTeloletOm

Benarkah Gerhana Matahari total bakal terjadi di Indonesia? Peristiwa ini diprediksikan akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, lebih istimewa. Peristiwa langka ini hanya terjadi di wilayah Indonesia. Kabarnya akan ada 3000 Turis Asing akan datang ke sini.

Untuk mempersiapkan kedatangan para wisatawan mancanegara tersebut pemerintah telah membentuk panitia nasional dengan melibatkan sejumlah instansi seperti Kementerian Pariwisata, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pelni, universitas, serta agen perjalanan.

gerhana matahari

Lalu dimana saja gerhana matahari itu bakal terjadi? Gerhana diprediksi bakal terjadi di 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia.

Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

Kepala Lapan Thomas Jamaluddin mengatakan, gerhana matahari terjadi ketika piringan bulan menutupi sebagian atau seluruh piringan matahari dan penampakan gerhana bergantung pada jarak bulan, matahari dan posisi pengamatan.

“Gerhana matahari total atau GMT hanya dapat diamati dari daerah yang dilintasi bayangan umbra matahari, sementara gerhana matahari sebagian (GMS) dapat dilihat dari beberapa daerah lain,” ujarnya.

Sebenarnya peristiwa fenomenal ini sudah dinanti dan diberitakan sejak 2009 lalu. Astronom Riser Fahdiran bahkan sudah menginfokan peristiwa ini saat gerhana matahari cincin melewati Indonesia 2009 lalu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

NEWS » UNIK » » » »