Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / TIPS / Berhemat Ketika Kuliah Penting, Tips Hemat Uang Jajan?

Berhemat Ketika Kuliah Penting, Tips Hemat Uang Jajan?


#OmTeloletOm

Cara Berhemat Ketika Kuliah, Uang Jajan Boros? – Masa ketika kuliah adalah masa paling indah, apalagi bila anda sudah lulus dan menjadi seorang sarjana mendengar statment “Kuliah” pasti akan teringat kembali sejuta nostalgia di dalamnya. Seperti kelakuan konyol bersama teman, mendapat dosen jutek dan galak, teringat masa-masa sulit ketika kuliah dan sebagainya.

Seprti yang sudah di jabarkan tadi kehidupan di masa perkuliahan tentunya tidaklah semulus yang di kira, kita di tuntut untuk memeiliki tanggung jawab yang besar. Bahkan banyak teman seperjuangan yang tinggal sendiri di rumah kos yang sudah pasti terpisah dari kediaman orang tuanya. Mulai dari mencari makan sendiri, membeli keperluan sendiri, berangkat ke tempat kuliah sendiri, mencuci baju sampai menyetrika sendiri dan lainnya.

Melihat kejadian dan fenomena tersebut tentunya seorang yang masih di bangku perkuliahan wajib berhemat. Jangan sampai terlalu banyak berfoya-foya meski uang sedang dalam kodisi maksimal artinya “dompet tebel”. Tetap perlu berhemat karna kemungkinan kedepan tidak tahu apa yang bakal terjadi dan kebutuhan apa saja yang perlu dibeli. Berikut Tips berhemat bagi Mahasiswa dan Mahasiswi indonesia:

kuliah hemat

BERAWAL DARI HAL – HAL RINGAN YANG SANGAT MUDAH

1. Tahan Godaan Shoping

Identik sekali nih buat mahasiswi cewek tapi engga menutup kemungkinan mahasiswa cowo, pas waktu baru dapet kiriman, pasti sobat seringkali pergi belanja maupun jeng-jeng, kadangkala pas liat barang bagus sobat ngebet beli padahal uangnya buat jatah sebulan. Biasanya sobat selalu berpikir “alah, sudahlah urusan ntar gampang.”

2. Berhenti Merokok

Mulai sekarang coba minimalaisir merokok atau lebih keren berhenti. Jika merokok untuk gaya-gayaan mending berhenti deh,, lumayan tuh jika perhari sebungkus, perbungkusnya Rp. 15.000 kalikan saja selama sebulan, kamu bisa menghemat Rp. 450 ribu.

3. Selalu Nebeng Temen

Jika kemana-mana kita selalu harus pake motor sendiri pasti boros di bensin, nah jika ada teman yang kebetulan bareng bonceng saja.

Bagi yang biasa ngangkot atau jalan kaki, saatnya cari ojek gratis aja, lumayan kan bisa hemat Rp. 2000 untuk angkot atau beli es, malah seringkali bisa dapet tebengan makan gratis juga. Tapi jangan keseringan nebeng kasian temen yang di tebeng.

4. Masak Sendiri

Jika kondisi kos yang sobat tempati memungkinkan, masaklah sendiri. Belilah rice cooker untuk menanak nasi sehingga sobat cukup ke warung untuk membeli lauknya saja.

Lihat juga : Tips Cara Menentukan Hari Pernikahan Terbaik

5. Pulang Kuliah Langsung Ke Kosan

Jika uang saku menipis, selesai kuliah atau begitu mata kuliah berakhir sobat langsung balik kost saja, langsung tidur aja, tolak ajakan teman-teman secara halus, klo perlu jujur saja kalau kamu lagi KANKER, jika temenmu lagi ada siapa tahu dapat pinjeman, atau traktiran barangkali.

LANJUT, BUAT HAL LEBIH BESAR DENGAN BERHEMAT

1. Sisihkan uang jajan untuk jadi modal usaha

Cocok sekali kalo kamu pengen buka bisnis kecil-kecilan semasa perkuliahan. Ketika masih menjadi seorang mahasiswa, uang jajan menjadi suatu yang harus dengan baik dimanage. Godaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan harus diimbangi dengan keharusan kita menyisikan uang untuk menabung.

Setidaknya sisihkan 10-20% saja dari jatah uang jajan setiap bulannya. Jika diawal masih sangat sulit untuk mengumpulkan banyak modal, kita bisa mencoba menjadi seorang reseller yang menjualkan barang milik orang lain.

2. Kerja Sampingan buat nambah uang saku

Apakah Anda sudah mempertimbangkan untuk kerja part-time? Tawaran ini banyak disediakan khususnya bagi mahasiswa yang membutuhkan uang saku tambahan. Seperti menjadi barista di café, pelayan di restoran, atau bisa juga memanfaatkan teknologi internet dan sosial media untuk bisnis online kecil-kecilan.

Intinya adalah, lakukan apa saja yang tidak membebankan kewajiban kuliah kita namun sekaligus mendapat bayaran. Ini juga termasuk berhemat, karena menambah pemasukan kita juga. Pssst, kerja sampingan juga mengisi waktu luang kita menjadi sesuatu yang lebih berguna daripada menggangur!

3. Bawa Bekal Makan ke Kampus

Memang bagi kita yang hidup sendirian tanpa orangtua yang selalu menyediakan makanan di pagi hari, sulit untuk menyisihkan waktu membuat bekal. Banyak dari kita akan berpikiran “mau bangun pagi aja udah sering telat, mana sempet bikin bekal?”. Tapi selain bekal yang dibuat sendiri lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya, jika dihitung-hitung membuat bekal sendiri lebih murah dibandingkan membeli makanan di café atau restoran.

Kantin di kampus mungkin menyediakan makanan yang lebih murah dibandingkan restoran kebanyakan, tetapi masih lebih murah jika kita menyiapkan makanan kita sendiri. Hal ini memang sulit untuk dilakukan setiap hari, tapi bisa kita coba jika memiliki waktu luang di pagi hari sebelum kelas dimulai. Tidak ada salahnya, kan?

4. Mengelompokkan Pengeluaran

Biasakan untuk mengelompokkan jenis-jenis pengeluaran. Pengeluaran kita sebagai mahasiswa biasanya terbagi menjadi pengeluaran rutin biaya sewa kamar kos, pulsa, dan biaya makan setiap harinya. Dan ada pula pengeluaran tidak rutin seperti biaya jalan-jalan dengan teman, fotokopi, atau shopping. Kita perlu membuat daftar-daftar pengeluaran ini dan mengelompokannya apakah masuk pada biaya rutin atau tidak rutin.

Kemudian buatlah amplop yang membagi biaya-biaya ini, dan setiap kali mendapat uang saku di awal bulan, langsung masukan uang di masing-masing amplop dengan jumlah yang Anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan. Disarankan untuk memasukan pula struk atau bukti pembayaran di setiap amplop, guna memeriksa kembali pengeluaran di akhir bulan.

5. Jual / Beli Buku Bekas Pelajaran

Sudah tak asing lagi jika buku pelajaran di universitas memang umumnya mahal. Apalagi kita perlu membelinya di setiap awal semester, dan ditambah lagi jika ada banyak mata kuliah yang perlu diambil. Wah! Sudah pasti menguras banyak isi dompet kita, kan? Maka dari itu manfaatkanlah teknik jual beli buku bekas.

Kita bisa menjual buku-buku pelajaran yang sudah kita pakai di akhir semester pada angkatan bawah kita yang nanti akan menggunakannya. Dijamin, pasti banyak dari adik kelas yang mau membelinya karena lebih murah.

Nah, kita juga bisa membeli buku pelajaran bekas dari kakak kelas kita? Hal-hal seperti ini menghemat cukup banyak pengeluaran jika dilakukan di setiap semester.

INFORMASI – cara menghemat uang bulanan anak kost, cara menghemat uang jajan anak kost, cara menghemat uang jajan sekolah, cara menghemat uang jajan anak smp, cara menghemat uang jajan harian, tips menghemat uang jajan mahasiswa, 100 cara untuk menghemat uang anda, tips menabung untuk pelajar smp

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

TIPS » » » » » »