HOME / NEWS / Gawat Virus Zika di Indonesia, Tetap Waspada!

Gawat Virus Zika di Indonesia, Tetap Waspada!

Awas Waspada Penyebaran Virus Zika – Wah belakangan ini sedang populer sekali penanganan Virus Zika, bahkan sempat banyak di lansir beberapa media nasional dalam beberapa pekan terakhir ini yang memberitakan mengenai penyebaran virus zika yang sedang terjadi di Amerika latin terutama di Brasil dan Kolombia, Parahnya penyebaran virus ini juga sampai ke Eropa dan Asia.

Virus Zika kini mulai merebak ke seluruh dunia, pertanyaannya apakah virus ini sudah sampai indonesia? Kekhawatiran akan Virus Zika ini merembak ke berbagai lapisan masyarakat. Sempat di temukan di Tahun 2015, lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolasi virus zika ini di Indonesia.

Laporan-laporan tentang penularan kasus ini dari Indonesia terus berlanjut, pada tahun 2013, peneliti Australia juga melaporkan kembali penemuan satu kasus infeksi virus zika pada seseorang warga negara Australia setelah melakukan perjalanan selama 9 hari ke Jakarta.

virus zika, vaksin zika

SEKILAS VIRUS ZIKA !!
Virus zika merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Pertama kali diisolasi tahun 1948 dari monyet di Hutan zika Uganda, jadi sepertinya zika sendiri merupakan nama hutan tempat dimana virus ini berhasil diisolasi. Selanjutnya beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara, Mikronesia, Amerika Latin, Karibia melaporkan penemuan virus zika ini sumber kompas.com

Lanjut ke gejala dari Virus Zika, seperti infeksi virus pada umumnya pada awal penyakit pasien akan merasakan demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, serta nyeri otot dan sendi.

Sekilas infeksi virus zika hampir mirip dengan virus Dengue sehingga adanya infeksi ini sering kali tidak terdeteksi karena umumnya gejalanya ringan.

Masyarakat Indonesia tetap mewaspadai kemungkinan terinfeksi oleh virus zika ini, mengingat laporan-laporan yang ada selama ini infeksi ini pernah ditemui di Indonesia dan kebetulan vektor pembawa penyakit virus ini memang ada di Indonesia yaitu nyamuk Aedes Aegypti yang juga membawa penyakit infeksi demam berdarah dan Chikungunya.

Saat ini memang vaksin untuk virus Zika sedang di teliti bahkan kampus asal Indonesia yaitu Universitas Airlangga optimis Ciptakan Vaksin Zika. Pengobatan lebih banyak bersifat suportif, istirahat cukup, banyak minum, jika demam minum obat penurun panas dan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi. Kabarnya peningkatan Virus ini terjadi di musim hujan seperti saat ini.

INFORMASI – Penyebaran Virus Zika di Indonesia, virus zika, virus zika masuk ke Indonesia, warga jambi terkena virus zika, Apa itu Virus Zika, asal usul virus zika, pengertian virus zika, penjelasan virus zika, penyebab virus zika, penyebaran virus zika, virus zika, gejala penyakit zika, gejala seseorang terinfeksi virus zika, Gejala Virus Zika, tanda tanda seseorang terjangkit virus zika, virus zika

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

NEWS » » » » » » » » »