Banner Sponsor
Agen Poker
HOME / TIPS / Rubah GPT ke MBR, Bisa Tanpa Format?

Rubah GPT ke MBR, Bisa Tanpa Format?


#OmTeloletOm

Tips Cara Merubah Partisi GPT ke MBR – Pernah bertanya? Gimana rubah Partisi GPT ke MBR tanpa Menghapus data? Menjadi sebuah pertanyaan yang sulit ketika menemukan hal seperti ini.

Pernahkah waktu menginstal windows 7 atau windows 8 saat diinstall, muncul pesan Windows can’t be installed on drive 0 (show details) dan ketika kita klik show detail isinya seperti berikut.

“Windows cannot be installed to the disk. The disk is of the GPT partition style”

Awalnya sempat bingung juga, tapi setelah mencari beberapa referensi saya jadi tahu kalau windows 7 tidak bisa diinstall pada partisi GPT (GUID Partition Table).

Lalu bagaimana cara memcahkan masalah tersebut? kita harus mengubahnya menjadi partisi MBR (Master Boot Record). Banyak tutorial bertebaran di haruskan menghapus dan memformat semua data.

Benarkah demikian? jawabannya benar sekali, kita bisa merubah format partisi GPT ke MBR dengan cara menghapus data atau istilahnya mengosongkan semua data yang terdapat di Hardisk, solusinya BACKUP semua data penting yang ada ke Hardisk lain.
partisi gpt
LANGKAH MERUBAH PARTISI DENGAN PERINTAH DISKPART

1. Salah satu syarat menghapus GPT partition adalah dengan memformat seluruh isi yang terdapat di Hardisk.
2. Kemudian kita masuk bios dan ganti boot mode UEFI menjadi CSM boot atau Legacy, caranya masuk ke bios dengan menekan del atau f2 kemudian pilih advance-system configuration-boot mode
3. Masukan CD instalasi windows setelah muncul jendela welcome instalasi, tekan tombol shift dan f10 secara bersamaan
4. Akan muncul tampilan CMD ketik diskpart, untuk membuka aplikasi diskpart
5. Setelah masuk diskpart, ketik list disk untuk menampilkan daftar disk dan lihat disk yang ada tanda * pada kolom GPT (artinya disk tersebut menggunakan format gpt)
6. Untuk menghapus GPT partition style, pilih disk yang ada tanda * pada kolom gpt tadi kemudian ketik select disk=0 (karena pada tutorial yang format gpt ada di disk 0)
7. Setelah muncul “Disk 0 is now the selected disk” kemdudian kita ketik clean. Tunggu sampai proses selesai kemudian restart komputer dan komputer sobat siap untuk di instal ulang.
LENGKAPNYA LIHAT GAMBAR DI BAWAH INI
partisi gpt

LALU, BAGAIMANA CARA MERUBAH GPT KE MBR TANPA MEMFORMAT HARDISK?

1. Unduh MiniTool Partition Wizard Bootable disini

2. Buat bootable USB Flash Drive yang berisi MiniTool Partition Wizard format ISO hasil unduhan tadi menggunakan software Rufus. Anda bisa mencarinya di internet. Caranya buka Rufus > otomatis kolom device memilih drive flashdisk anda > klik kotak ISO Image > pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard > klik file ISO nya > klik Open > lalu pilih start.

3. Setelah jadi USB bootablenya, tancapkan pada laptop yang akan dirubah partisinya. Jadikan USB Flash Drive pada urutan boot pertama.

4. Jika sukses maka program MiniTool Partition Wizard akan terbuka > pilih urutan pertama ‘MiniTool Partition Wizard Boot Disc ‘

5. Berikutnya akan muncul tampilan utama program ini > pilih hardisk yang akan anda rubah partisinya menjadi MBR (ingat pilih pada hardisk bukan partisinya) > klik Convert GPT disk to MBR disk > klik Apply > tunggu proses selesai.

partisi gpt

Silahkan Baca Juga Bisakah Mengembalikan Data Yang Terhapus di PC/Laptop?

INFORMASI – cara convert gpt ke mbr tanpa hilang data, cara mengatasi windows cannot be installed to this disk tanpa format, cara mengatasi gpt partition style tanpa menghapus data, gpt partition style cannot install windows 8, mengatasi windows cannot be installed to this disk the selected disk has an mbr partition table, cara merubah partisi gpt ke mbr tanpa menghapus data, cara memperbaiki windows yang tidak dapat diinstal pada partisi hardisk gpt partition style, cara instal windows 8 di partisi gpt

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

#UangBaruIndonesia

Incoming search terms:


TIPS » » » » »

Incoming search terms: