HOME / TIPS / Buat Barcode Pakai Excel, Android, IOS, Word, Tool Online

Buat Barcode Pakai Excel, Android, IOS, Word, Tool Online


#TahunBaru2017

Cara Membuat Barcode Word, Tool Online, Excel, Android, IOS, Word – Pernah Mencoba Buat Barcode? Banyak kegunaan dari sistem barcode, barcode atau biasa di sebut dengan kode batang adalah sebuah kode yang digunakan untuk menandai suatu barang umumnya berbentuk pola vertikal.

Biasanya di dalam barcode tersebut berisi informasi tentang barang tersebut seperti harga barang, jumlah maupun kode barang tersebut. Informasi yang terdapat pada barcode bisa diterjemahkan menggunakan alat yang disebut barcode reader/barcode scanner.

Mudah saja bila menggunakan tool khusus seperti:
– Free Barcode Generator
– Barillo Barcode Software
– Free Shipping Manager
– Barcode Label Maker
– BarTender Profesional
– Nice Label Designer Pro

buat barcode

Pemberian barcode pada barang akan memudahkan untuk mengidentifikasi barang sehingga kita langsung tahu harga dan kode barang tersebut. Barcode sering di pakai oleh pengusaha swalayan atau toko untuk mengidentifikasi barang dagangan, sehingga ketika pembeli akan membeli barang dagangan maka kasir hanya perlu menadekatkan barang tersebut pada barcode reader.

Maka akan terbaca otomatis dan tampil informasi barang yang di beli oleh kunsumen atau pelanggan, sangat mudah bukan dengan adaanya sistem barcode sekarang ini, mau tau bagaimana membuat barcode dengan mudah?

Membuat Barcode Secara Online

Tips pertama bagaimana membuat barcode secara online, dapat digunakan untuk keperluan bisnis karena Anda harus menggunakan kode identifikasi yang resmi. bagaimana? cek this out:

  1. Buat nomor identifikasi UPC / ISBN untuk produk Anda. Anda bisa membuat nomor UPC / ISBN dengan angka yang sama pada awalnya, tetapi harus dibedakan pada beberapa digit terakhir.
  2. Masuk ke link Barcode.gs1us.org untuk mendapatkan UPC Anda. Setelah memasukkan data produk berserta rinciannya, kode UPC akan diberikan. GS1 memiliki sertifikat resmi sebagai mitra untuk membantu dalam proses membuat barcode secara digital.
  3. Sementara itu, untuk memperoleh nomor ISBN Anda dapat masuk ke link ISBN.org. Di situs ini Anda bisa request ISBN tunggal, blok penerbit nomor ISBN, atau nomor penerbit ekstra ISBN. Di sini, Anda akan meminta ISBN dari organisasi bernama Browker untuk memverifikasi bisnis Anda. Setelah ISBN dikirimkan, Anda bisa meletakkan barcode tersebut di belakang barang Anda.

Selain utuk bisnis, bisa juga membuat barcode untuk keperluan inventory pribadi dengan menggunakan createbarcodes.com, berikut langkahnya

  1. Akses CreateBarcodes.com untuk membuat barcode secara online
  2. Ikuti wizard barcode untuk membuat barcode digital Anda
  3. Tetapkan nama dan nomor seri untuk setiap barang di situs BarcodesInc untuk menghasilkan barcode pribadi
  4. Tempekan barcode di setiap barang yang Anda miliki untuk penggunaan secara pribadi

Membuat Barcode Menggunakan Android

Punya ponsel Android? pasti punya donk, karena hampir semua orang punya ponsel pintar, kenapa tidak kita manfaatkan untuk membuat Barcode.

Di dalam Barcode Generator terdapat 11 jenis kode barcode yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan. Mulai dari QR Code sampai dengan barcode yang umumnya tertera pada kemasan produk yang dijual di supermarket.

buat barcode

Nama aplikasinya adalah Barcode Generator

Ini bisa di jadikan sebagai alternatif yang tepat untuk membuat bercode.

Membuat Barcode Menggunakan IOS

Bagi pengguna perangkat Apple, seperti iPhone atau iPad, Anda bisa membuat barcode dengan aplikasi bernama Qrafter. Aplikasi ini sama dengan Barcode Generator, yakni dapat membuat QR Code atau jenis barcode lainnya.

Untuk mendapatkan Qrafter, pengguna ios bisa mengunduhnya melalui App Store. Qrafter dirancang untuk membuat dan memindai barcode.

buat barcode

Nama aplikasinya adalah Qrafter

Dengan kamera yang terdapat pada perangkat Anda, maka barcode bisa discan melalui Qrafter dengan mudah.

Membuat Barcode Menggunakan WORD 2010

– Buka MS Word 2010 anda kemudian pada menu bar pilih menu Insert
– Selanjutnya pada group menu, pilih Object
– Maka akan muncul jendela Object, aktifkan tab Create New kemudian pilih Corel BARCODE 12,0 selanjutnya klik OK
– Maka akan muncul jendela barcode wizard, pilih format barcode yang anda inginkan kemudian masukkan kode pada kotak yang telah disediakan kemudian klik next.
– Pada jendela berikutnya atur ukuran tinggi dan lebar barcode serta resolusi yang diinginkan. Jika sudah klik next.
– Atur font dan jika sudah klik finish.
– Barcode sudah siap digunakan
– Layanan Corel BARCODE 12,0 hanya tersedia pada office 2010 keatas.

Membuat Barcode Menggunakan Excel & Word

Berikut bila menggunakan Ms Excel dan Ms Word dengan menggunakan fort barcode, silahkan dicoba langkah – langkahnya berikut ini:

buat barcode

– Download dan install terlebih dahulu barcode fontnya di: https://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/
– Buka file downloadnya, terdapat dua jenis font instal keduanya dengan cara blok font pertama: free3of9.ttf kemudian tekan enter
– Lalu, klik install
– Jalankan aplikasi Microsoft Office Word/Excel, lalu ketikan kode sesuai keinginan anda misal: 123456789
– Blok kode tersebut, lalu ganti tipe fontnya menjadi free 3 of 9

INFORMASI – free barcode font, cara membuat barcode yang bisa di scan, cara membuat barcode online, cara membuat barcode di word 2007, cara membuat barcode dengan excel, cara membuat barcode qr, cara membuat barcode di android, cara membuat barcode di corel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


TIPS » » » »