HOME / SEHAT / Apasih Sebab Faktor Ibu Meninggal Saat Lahiran

Apasih Sebab Faktor Ibu Meninggal Saat Lahiran

Faktor Ibu Meninggal Ketika Melahirkan – Pernah berdebar ketika istri anda melakukan proses persalinan? Tentunya semua suami pasti akan mengalami kecemasan yang amat sangat tinggi. Karena kehilangan istri atau ibu dalam proses melahirkan tentunya merupakan kenyataan pahit bagi keluarga.

Begitulah kita sebagai manusia hanya dapat berdoa, namun semuanya Tuhan yang berkehendak. Momen melahirkan adalah hal yang menyenangkan, namun adakalanya si ibu harus menghembuskan nafas terakhirnya saat proses persalinan atau melahirkan yang dikenal sebagai kematian maternal.

Faktanya hal ini tak jarang terjadi. Menurut WHO, kematian ibu saat melahirkan seringkali disebabkan oleh adanya komplikasi saat kehamilan dan proses melahirkan. Berdasarkan WHO, kematian yang berkaitan dengan kelahiran tak hanya terjadi saat melahirkan, melainkan juga kematian dalam jangka waktu 42 hari setelah melahirkan.
ibu melahirkan
Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan dan meningkatkan risiko ibu meninggal saat melahirkan? Berikut rinciannya, seperti dilansir oleh Times of India (09/01).

  • Pendarahan adalah penyebab nomor satu yang membuat seorang wanita meninggal saat melahirkan.
  • Infeksi atau sepsis.
  • Anemia
  • Gangguan pada saat melahirkan, misalkan ketika ukuran kepala janin tidak sebanding dengan panggul ibu.
  • Komplikasi saat melakukan aborsi.
  • Gangguan hipertensi, termasuk tekanan darah tinggi, protein dalam urine, edema, gagal ginjal, dan penambahan berat badan secara tiba-tiba.
  • AIDS/HIV
  • Penyakit jantung
  • Hepatitis.

Selain kematian saat melahirkan, wanita juga bisa mengalami morbiditas kehamilan yang disebut fistula vagina. Fistula vagina adalah keadaan ketika sebuah fistula (lubang) membesar antara rektum dan vagina, atau antara vagina dengan kandung kemih. Namun penyakit ini bisa diobati dan tak menyebabkan kematian.

SIMAK TIPS KESEHATAN LAINNYA HANYA DI SINI

Manfaat dan Khasiat Susu Kambing Etawa
Inilah Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh
Cara Hitung Usia Kehamilan Akurat
7 Dampak Bila Pakai Celana dalam Terlalu Ketat

Mungkin itu beberapa penyebab umum yang bisa membuat seorang ibu meninggal saat melahirkan atau sesudah melahirkan. Adakalanya wanita mewaspadai hal-hal di atas sebelum melahirkan, selalu cek juga kondisi kehamilan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SEHAT » » » » » » » »