HOME / TIPS / Mengatasi Situs Yang Terkena Hacking dan Deface

Mengatasi Situs Yang Terkena Hacking dan Deface

Cara Mengatasi Website Terhack, Website Terkena Deface – Pernah mengalami kejadian situs yang di kelola tiba-tiba kena hacking orang tak bertanggung jawab? tenang jangan panik dan tetap atasi masalah dengan kepala dingin, kebanyakan orang yang berusaha membobol website punya maksud tersendiri, entah untuk keuntungan pribadinya atau hal lain.

Seorang programer harus pandai menjaga keamanan websitenya, dari berbagai tangan jahil para hacker bisa saja kita berasumsi website sudah angat aman namum orang lain apalagi sang hacker memiliki cara pandang serta kemampuan yang mungkin saja berbeda sehingga bisa melihat dan menemukan celah keamanan sistem website tersebut.

Apa sobat pengguna CMS WordPress? sebenarnya website yang menggunakan CMS sangat rentan sekali, perlu modifikasi yang sangat kuat untuk keamanan yang ekstra. Contoh dengan memasang plugin keamanan sampai mengubah konfigurasi database agar lebih powerfull.

web hacking, web deface

APA PENYEBAB WEBSITE TERKENA HACK!

Berasal Dari Hosting

Penyebab website terkena serangan yang paling utama adalah karena hosting yang digunakan tidak terlalu bagus. Sang pemilik website mungkin sudah membuat websitenya dengan sangat hati-hati, namun semua itu tidak ada artinya dalam hal keamanan jika ternyata hostingnya lemah.

Berdasarkan informasi dari infografis yang dibuat oleh YourEscapeFrom9to5 yang kami dapat pada Selasa (16/03/16), persentase website terkena serangan yang disebabkan oleh hosting adalah 45%.

Website yang ditaruh di shared hosting akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena serangan hack, karena dalam shared hosting tersebut biasanya terdapat banyak sekali website-website lain yang sistem keamanannya bisa saja sangat lemah, sehingga celah pada website lain tersebut bisa menjadi pintu masuk sanga hacker untuk mengintip semua website yang ada di hosting tersebut, biasanya diistilahkan dengan jumping.

Penggunaan Plugin

Plugin juga bisa menjadi penyebab website terkena hack, tercatat website yang terkena serangan disebabkan oleh plugin sebesar 22%. Penyebabnya tentu karena menggunakan plugin sembarangan, ilegal atau plugin yang didownload dari website yang tidak kredibel. Bila penggunaan WordPress usahakan selalu download plugin dari website resminya.

Selalu berhati-hati dalam menggunakan plugin, gunakanlah plugin yang benar-benar Anda perlukan saja, yang tidak terpakai bisa hapus, Lalu jangan lupa melakukan update plugin jika ada permintaan untuk update. Berdasarkan data dari infografis tersebut, sebanyak 82% WordPress yang terkena serangan karena tidak di update.

Password Lemah

Paling rentan sekali adalah penggunaan password yang lemah, sekitar 8% website wordpress terkena hack disebabkan karena adminnya menggunakan password yang lemah.

Ingat selalu gunakan password yang sulit tapi tidak menyulitkan anda juga untuk mengingatnya, Gunakan kombinasi gabungan antara huruf, angka, karakter, dan huruf kapital untuk password jika memungkinkan.

AGAR MEMININALISIR WEB TERKENA DEFACE!

1) Mengganti username/password secara berkala dengan username/password yang uniq.

2) Update Source/CMS, Mengikuti perkembangan source dari source website yang digunakan.

4) Gunakan Plugin Security misalnya OSE firewall atau secure wordpress dan Google Captcha

5) Lakukan Backup secara berkala, Backuplah website dan database sebelum dilakukan update.

LALU BILA SUDAH TERLANJUR BAGAIMANA?

Bila sudah terlanjur website terkena deface atau hack hal yang paling mudah adalah menuju penyedia hosting anda untuk di lakukan perbaikan dengan menjelaskan asal muasal sebelum website terkena hack, pasti dengan senang hati penyedia layanan hostng membantu proses perbaikan pada website anda.

Ada lagi hal lain, bila masih bisa masuk control panel website:

– Login cpanel, masukkan username dan password yang diberikan oleh pihak provider hosting anda.
– Setelah masuk cpanel, pilih icon file manager untuk memeriksa file-file php yang digunakan oleh website.
– Silahkan cek dan lihat, kebanyakan para defacer mengubah file index.php menjadi index.html.
– Silahkan hapus file yang mencurigakan.
– Setelah dihapus maka website akan tampil dengan normal.

INFORMASI – mengembalikan website yang di deface, mengatasi deface website, cara mencegah deface, cara menghack website, cara deface website, cpanel, cpanel login, idhostinger, website terkena deface.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:


TIPS » » » »

Incoming search terms: