HOME / ISLAMI / Lebaran 2017 Tanggal Berapa ? Perkiraan Hari Raya Idul Fitri 1438H

Lebaran 2017 Tanggal Berapa ? Perkiraan Hari Raya Idul Fitri 1438H

Prediksi Tanggal Lebaran 2017Hari Raya Idul Fitri 1438 H – Moment idul fitri merupakan hal yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim setelah satu bulan penuh melaksanakan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan, apabila dihitung lewat kalender masehi, pada tanggal 1 Syawal ini pasti selalu jatuh di tanggal yang berbeda pada setiap tahunnya.

Banyak tradisi yang di lakukan ketika menyambut hari raya idul fitri, berkumpul dan bersilahturahmi bersama sanak-sudara dikampung halaman menjadi kebiasaan dan tradisi yang paling utama di Indonesia. Sama saja bila di luar negeri seperti Timur Tengah ataupun di negara-negara lainnya, kebiasaaan berkumpul dan bersilahturahmi bersama masih menjadi hal yang sangat hangat.

hari raya idul fitri, tanggal lebaran

TRADISI LEBARAN HALAL BIHALAL

Salah satu tradisinya adalah acara halal bihalal atau saling maaf memaafkan pada saat lebaran, halal bihalal sendiri sudah ada sejak awal mula dakwahnya Wali Songo pada abad ke 15. Acara untuk sungkem kepada orang tua juga salah satu tradisi lokal yang telah menjadi bagian dari acara hari raya lebaran Idul Fitri di Indonesia.

Selain itu ada lagi tradisi ketupat, hari lebaran biasanya ada saja yang menggambarkan hari raya ketupat karena hiasan ketupat bertebaran di mana-mana. Ketupat adalah nama jenis makanan dari bahasa Jawa kupat yang artinya ngaku lepat dan di artikan bahasa Indonesianya adalah (mengakui kesalahan). Makanan ketupat bungkusnya dibuat anyaman yang berasal dari daun kelapa yang nantinya untuk membungkus ketupat.

Makna bungkus itu melambangkan suatu keasalahan dan dosa yang telah dilakukan manusia, sedangkan ketupat yang putih di dalamnya, melambangkan akan kebersihan hati setelah memohon maaf kepada orang lain dari segala kesalahan yang telah diperbuat.

LALU, TANGGAL BERAPA LEBARAN 1438H 2017 ?

Melihat kelender masehi, Idul Fitri akan jatuh pada hari Minggu, tepatnya pada tanggal 25 Juni 2017 sesuai pada kalender Masehi dan juga tanggal 1 Syawal 1438 pada kalender Hijriyah.

hari raya idul fitri, tanggal lebaran

LEBARAN 2017 MUHAMMADIYAH: MINGGU, 25 JUNI 2017

LEBARAH 2017 NU: MINGGU, 25 JUNI 2017

LEBARAN KEMENAG RI / PEMERINTAH (SIDANG ISBAT): MINGGU, 25 JUNI 2017

Namun, tetap saja hari raya Idul Fitri menunggu ketetapan pemerintah Republik Indonesia nantinya.

#DAFTAR ISI IDUL FITRI

DP BBM LEBARAN
UCAPAN IDUL FITRI
NIAT SHALAT IDUL FITRI
ARUS MUDIK LEBARAN
CCTV ARUS MUDIK
CARA MEMBUAT PARCEL
MENGHIAS PARCEL IDUL FITRI

INFORMASI – idul fitri 2017 muhammadiyah, idul fitri 2017 jatuh pada tanggal, idul fitri 2018, hari raya idul fitri 2016, puasa ramadhan 2017, 1 syawal 2017, puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal, kalender tahun 2017

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ISLAMI » » » » »