HOME / REVIEW / Fungsi Dan Jenis Tipe Barcode Scanner

Fungsi Dan Jenis Tipe Barcode Scanner

Jual Barcode Scanner, Jenis Fungsi Barcode – Apa itu Barcode Scanner? Barcode merupakan kode batang yang digunakan untuk membedakan jenis barang agar tidak salah dalam pengiputan data barang satu dengan yang lainnya. Sering kali kita melihat tepatnya di meja kasir, petugas sering mescann kode batang pada produk yang kita beli dan itu lah yang disebut dengan barcode. Dan alat yang dipergunakan untuk mescann barcode adalah barcode scanner.

Dalam dunia perdagangan retail penggunaan barcode scanner sangatlah penting, karena dengan alat barcode ini pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam penginputan data akibat human error dan error machine. Anda dapat dengan mudah menemukan di jual barcode scanner ditempat toko alat – alat kasir. Terdapat beberapa dua jenis tipe barcode yaitu sebagai beriukut.

jual barcode scanner

BARCODE SATU DIMENSI

Barcode satu dimenesi atau linear barcode ini merupakan jenis atau tipe pertama yang ada pada kode batang barcode. Terdapat enam jenis barcode yang banyak digunakan dalam penggunaannya yaitu:

  • EAN (European Article Number)
  • UPC (Universal Product Code)
  • Codabar
  • Code 39
  • Code 128, dan
  • Interleaved 2 of 5

BARCODE DUA DIMENSI

Barcode dua deminsi ini merupakan perkembangan dari linear barcode. Barcode 2D ini dapat menyimpan data lebih besar dalam satu ruang, dan penyimpanan besar inilah yang menjadi keunggulan dari barcode dua dimensi. Barcode dua dimensi sudah sejak lama, namun baru dikembangkan sekarang – sekarang ini.

Dari tipe barcode diatas merupakan tipe yang bisa Anda gunakan sekaligus untuk menetukan alat barcode scanner yang akan Anda gunakan. Harga jual barcode scanner tergantung dari fitur dan spesifikasi alat barcode serta kelebihan yang diberikan oleh alat barcode. Barcode scanner tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menginput data barang, melainkan juga memiliki fungsi sebagai alat yang dapat membantu mempercepat penginputan data pada saat di meja kasir. Anda bisa bayangkan jika tanpa menggunakan barcode scanner maka pengiputan data secara manual akan sangat lama dan memiliki peluang cukup besar terjadi kesalahan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

REVIEW » » » »